AJI Prihatinkan Penghasilan Pekerja Pers di Yogyakarta

Bernas, Kota, Selasa, 20 Maret 2001

http://www.indomedia.com/bernas/032001/20/UTAMA/20pel2.htm

Aliansi Jurnalis Independent (AJI) Yogyakarta prihatin dengan kondisi gaji atau pendapatan pekerja pers di Yogyakarta, yang pada kenyataannya belum proporsional dibandingkan dengan kebutuhan riil. Selain minimnya pendapatan, ada juga beberapa perusahaan pers yang dinilai tidak memiliki kejelasan status maupun mekanisme perekrutannya.
Hal itu dikatakan anggota AJI Yogyakarta Heru Prasetyo kepada wartawan usai bertemu dengan Komisi E DPRD DIY di ruang komisi, Senin (19/3). Pertemuan itu sendiri terpaksa ditunda karena dinilai kurang memenuhi kuorum. Kebetulan hanya seorang anggota komisi yang ada, yakni Imam Samroni, dan seorang Wakil Ketua Komisi Moeharnani Soekarno. Sementara dari AJI yang hadir adalah ketuanya, R Fadjri, beserta jajaran anggota.
“Inisiatif ini memang dari AJI. Tapi karena ada penundaan, giliran kami yang nunggu undangan dari Komisi E untuk pertemuan,” ujar Heru Prasetyo.
Lebih lanjut Heru mengemukakan, menurut hasil investigasi tim AJI terhadap empat media pers lokal di Yogyakarta, penghasilan para pekerja pers itu masih belum seimbang dengan idealisme dan risiko dari pekerjaan itu sendiri. Hal itu yang pada gilirannya akan mempengaruhi independensi jurnalis dalam penyusunan berita, dan melunturkan idealisme jurnalis.
Dikatakan Heru, dalam pembicaraan dengan komisi nanti, tidak menutup kemungkinan para pemilik perusahaan akan diundang untuk klarifikasi secara langsung. Diakui, selama ini perusahaan pada umumnya menyatakan diri tidak mampu jika sudah berhadapan dengan tuntutan para karyawan.
“Ya ini sulitnya. Tapi kalau sudah begitu, bukan tidak mungkin dilakukan transparansi audit. Sebab, tidak bisa perusahaan secara sepihak mengatakan tidak mampu,” tutur Heru lagi. (sun)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: