Audiensi Komisi E dengan Media Lokal

Bernas, Danurejan, Jumat, 11 Mei 2001
Dengar pendapat antara komisi E dengan para pimpinan media massa lokal di DIY Kamis (10/5) pada akhirnya tidak fokus, dan justru melebar. Bahkan, pembicaraan sempat melebar pada pemberitaan soal anggaran dewan. Sampai akhir pertemuan, komisi E tidak mengambil satu kesimpulan, dan akan meberitahukan hasil klarifikasi itu kepada Aliansi Jurnalis Independent (AJI) Cabang Yogyakarta.
“Jadi kami tadi memang sebatas klarifikasi, dan tidak mengambil satu kesimpulan. Mengenai hasil klarifikasi ini, kami akan memberitahukan kepada AJI,” ujar anggota komisi E Imam Samroni SPd kepada wartawan usai pertemuan.
Pertemuan itu pada mulanya digelindingkan oleh AJI cabang Yogyakarta yang merasa prihatin dengan penghasilan para jurnalis, sehingga pada ujungnya akan mempengaruhi indepensi dalam tugasnya.
Pertemuan kemarin (10/5) dipimpin ketua komisi HM Umar dan seluruh jajaran anggota. Hadir mewakili media massa antara lain pemimpin umum harian Bernas Kusfandi, dari Kedaulatan Rakyat hadir pemimpin umum M Wonohito Pemred Redaksi Oka Kusumayudha, dan dari Radar Jogja.
Wonohito dan Oka Kusumayuda dari KR membantah kalau di perusahaannya memiliki sistem rekrutmen yang tidak jelas dan pendapatan wartawannya memprihatinkan. Soal gaji wartawan, menurut Oka sudah jauh di atas UMP. Bahkan untuk wartawan berstatus honorer saja ada yang bisa membawa pulang Rp 2,5 sampai Rp 3 juta per bulannya.
Sementara itu dalam hal rekrutmen di Bernas, Kusfandi mengatakan ada rekrutmen langsung dan melalui jalur koresponden, yang evaluasinya dilakukan secara bertahap, untuk akhirnya menjadi karyawan tetap. Rekrutmen itu dua-duanya dilakukan secara terbuka dengan seleksi-seleksi.
Jaminan yang diberikan oleh perusahaan, menurutnya antara lain adanya tunjangan isteri dan anak, uang transportasi serta uang hadir. Jumlah pendapatan wartawan sudah melebihi dari ketentuan Upah Minimum Provinsi (UMP) DIY yang besarnya Rp 237.500,- (sun)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: