Alasan Guyub Raharjo Mengada-Ada; Kelak Akan Ada Komplain

Bernas, Danurejan, Sabtu, 21 Juli 2001

Argumentasi Koperasi Guyub Raharjo yang mengatakan tidak tahu bahwa simpan pinjam yang dilakukanya menyalahi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 9/1995 dan SK Menteri Koperasi 351 tentang pelaksanaan usaha simpan pinjam di koperasi, dinilai tidak masuk akal dan mengada-ada. Terlebih saat dengan mudahnya usaha itu langsung akan dipindahkan dari Koperasi ke PT.
“Kok enak, saat ditegur ngomong tidak tahu-menahu aturannya. Terus langsung dipindahkan begitu saja?” ucap anggota Komisi E DPRD DIY Imam Samroni kepada Bernas di ruang komisi, Jumat (20/7).
Yang kemudian menjadi persoalan, kata Imam, adalah perbedaan prinsip koperasi dan prinsip sebuah PT. Pengalihan itu belum menyelesaikan persoalan manajemen secara menyeluruh. Di satu sisi, koperasi berbicara mengenai prinsip kebersamaan dan gotong royong dengan keuntungan lewat Sisa Hasil Usaha (SHU), sedang di sisi lain PT berbicara soal keuntungan pemilik modal. “Dengan perpindahan itu ya diharapkan tidak mencelakakan peserta atau yang sudah menyetorkan sejumlah uang,” paparnya.
Menurut Imam, secara umum kemunculan usaha simpan pinjam bermasalah itu telah menjadi preseden buruk yang mencoreng nama baik koperasi selama ini. Munculnya usaha itu menjadi salah satu bukti bahwa kontrol dari Dinas Koperasi harus lebih ditingkatkan lagi. “Ini bisa memunculkan kekhawatiran terjadinya preseden buruk bagi brand image koperasi sebagai bentuk sakaguru perekonomian yang sah selama ini,” ujarnya.
Sebagaimana diketahui (Bernas 20/7), Koperasi Guyub Raharjo telah diperingatkan oleh mantan Kepala eks-Kanwil Departemen Koperasi (Depkop) Syahbenol Hasibuan, karena usaha simpan pinjam kepemilikan sepeda motor dan barang elektronik yang dilakukannya selama ini menyalahi PP nomor 9/1995 dan SK Menteri Koperasi nomor 351. Koperasi sendiri mengatakan tidak tahu bahwa usaha simpan pinjam tersebut melanggar ketentuan dan kemudian akan mengalihkan usaha kepemilikan itu dari Koperasi ke PT (Bernas, 20/7).
Secara terpisah, pakar hukum bisnis Prof Dr Nindyo Pramono SH MS, menilai praktek usaha simpan pinjam yang dilakukan Koperasi Guyub Raharjo melanggar peraturan perkoperasian. “Usaha tersebut lebih merupakan usaha kredit berkedok koperasi,” ungkapnya kepada Bernas di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa, Jumat (20/7).
Nindyo mendasarkan penilaian tersebut dari beberapa kejanggalan yang diterapkan Guyub Raharjo sebagai sebuah koperasi simpan pinjam. Pertama dari sisi keanggotaan. Keanggotaan koperasi tidak boleh putus setelah yang bersangkutan mendapatkan manfaat atau imbalan.
Yang kedua, lanjut pengajar Fakultas Hukum UGM itu, menyangkut produk yang ditransaksikan. “Kalau seperti itu bukan simpan pinjam lagi. Karena itu menyangkut barang, maka usaha itu lebih menyerupai kredit,” ungkapnya.
Tingkat spekulasi yang tinggi, sambungnya, juga merupakan hal yang patut dipertanyakan. “Nanti lama-lama juga akan ada komplain,” tuturnya menanggapi pertanyaan kalau sampai saat ini belum ada komplain dari masyarakat yang mengikuti program yang ditawarkan Guyub Raharjo.
Meski begitu, dari aspek tindakan yang harus diambil atas pelanggaran itu, Nindyo menyarankan agar dilakukan dengan persuasif. “Ya sebaiknya ditegur dan diingatkan dululah,” harapnya.
Namun Nindyo tidak mempermasalahkan kalau Guyub Raharjo mau berubah menjadi PT. “Tapi yang sering terjadi itu, CV berubah menjadi PT. Kalau koperasi (berubah jadi PT) jarang,” paparnya sembari menjelaskan kalau mau berubah menjadi PT maka aset koperasi bisa dijadikan modal awal. (cr9/sun)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

5 responses to “Alasan Guyub Raharjo Mengada-Ada; Kelak Akan Ada Komplain

  • Chessa

    Yth. Bp. Imam, saya mau tanya, bagaimana cara mengubah Koperasi menjadi PT itu sndiri? bagaimana prosedurnya dan dimana dasar hukumnya ya? terima kasih…

    Suka

  • frontier high speed internet

    Wow, awesome blog layout! How long have you
    been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your site is magnificent, as well as the content!

    Suka

  • buy cialis online canada

    These are in fact wonderful ideas in regarding blogging.
    You have touched some nice points here. Any way keep up wrinting.

    Suka

  • moringa leaf

    I know this site provides quality based posts and other material, is there any
    other website which offers these kinds of information in quality?

    Suka

  • Theresa

    I know this if off topic but I’m looking into starting my own weblog and was
    wondering what all is needed to get setup? I’m assuming having
    a blog like yours would cot a pretty penny? I’m not very internet smart so I’m not 100% positive.

    Any suggestions or advice would be greatly appreciated.
    Thanks

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: