Anak Gelandangan Tuntut Kartu Identitas

Bernas, Danurejan, Selasa, 10 Desember 2004

Karena terlalu seringnya terkena garukan oleh Dinas Sosial maupun Poltabes Yogyakarta, anak-anak jalanan di Yogyakarta menuntut untuk dibuatkan kartu identitas, entah itu Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu-kartu lain yang bisa menjadi identitas mereka.
Keinginan mereka disalurkan melalui aksi-aksi orasi dan happening art di DPRD DIY Senin (10/12). Aksi yang diikuti sekitar 20-an orang itu juga diwarnai dengan menyanyikan lagu-lagu ciptaan Iwan Fals tentang wakil rakyat.
Koordinator aksi, Dodo Abasa mengatakan bahwa anak-anak gelandangan yang biasa ngamen di perempatan-perermpatan jalan itu, menginginkan perlindungan secara administratif sebagaimana penduduk-penduduk lainnya. “Terus terang kami sadar untuk mengurus identitas itu, asalkan memang ada jalurnya,” ujarnya.
Mereka diterima Wakil Ketua DPRD DIY yang juga koordinator Komisi E Boedi Dewantoro, serta anggota komisi E Imam Samroni dan Ellya Totok Sujiyanto di ruang Loby lantai I.
Lebih lanjut Dodo mengatakan, setiap kali ada garukan, yang ditanyakan oleh petugas pertama kalinya adalah identitas. Dodo mengatakan garukan itu sendiri berlangsung sangat sering, yaitu setiap 2-3 hari sekali. Dan bila mereka tidak bisa menunjukkan kartu identitas, maka mereka ditahan di Mapoltabes Yogyakarta. Mereka dikenai tindakan tipiring (tindak pidana ringan).
“Untuk bisa keluar, kami harus membayar Rp 10 ribu. Itu berkali-kali, dan kalau tidak punya uang, kami punya Rp 3 ribu saja kami bisa lepas,” ujarnya.
Menanggapi hal itu, Boedi Dewantoro mengatakan akan mengupayakan pengurusan kartu identitas itu, dan siap melakukan koordinasi dengan pemerintah Kota Yogyakarta. “Soalnya yang ber- kompenten dan berwenang langsung dalam hal ini adalah perintah kota,” ujarnya.
Sementara itu Imam Samroni Spd meminta agar para gelandangan itu juga bertindak proaktif dalam mencari identitas, dan tidak menggantungkan sepenuhnya. Di sisi lain, dewan akan melakukan back up dengan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.(sun)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: