APBD DIY 2004 Terancam Molor

Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta, Wednesday, 07 January 2004

DANUREJAN (KR) – Komitmen antara eksekutif dan legislatif untuk bisa menyelesaikan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DIY pada setiap tahun anggaran pada awal tahun, tampaknya bakal sulit dilaksanakan pada APBD 2004. Sebab hingga kini, pidato pengantaran RAPBD 2004 belum juga disampaikan Gubernur DIY dan baru direncanakan akan dilaksanakan pertengahan Januari nanti. Sehingga, pembahasan APBD DIY diperkirakan molor hingga Maret mendatang.
Demikian disampaikan Wakil Ketua Panitia Musyawarah (Panmus) DPRD DIY H Imam Samroni SPd yang dihubungi Selasa (6/1). Dijelaskan, Panmus kemarin sudah melaporkan rencana kegiatan dewan untuk triwulan pertama 2004. Di antaranya berkait pengantaran RAPBD dan penetapan APBD 2004. Namun hingga kini, rencana kegiatan itu masih harus disinkronkan dengan kesiapan eksekutif dan dewan sendiri.
Dikatakan Imam, dalam proses penyusunan APBD, sebelum membahas RAPBD lazimnya dewan lebih dulu melakukan perhitungan anggaran tahun yang sudah berjalan. Baru setelah itu diikuti evaluasi dan persetujuan dewan. Namun mengingat untuk pembahasan RAPBD 2004 ini waktunya telah molor, maka sangat mungkin perhitungan anggaran 2003 akan dilakukan bersama-sama dengan proses pembahasan RAPBD 2004.
Diakui Wakil Ketua Panmus DPRD DIY ini, salah satu kendala mengapa pembahasan anggaran molor, penyebabnya soal kesiapan eksekutif maupun legislatif untuk menerapkan Keputusan Menteri No 29/2002. Karena itu baik eksekutif maupun legislatif perlu melakukan penyesuaian. “Secara umum baik eksekutif maupun legislatif memang belum siap,” tegasnya.
Kabag Anggaran Biro Keuangan Pemprop DIY Drs Bambang Wisnu menyampaikan, saat ini Tim Anggaran Eksekutif tengah melakukan berbagai penyempurnaan terhadap RAPBD DIY 2004. Tim Anggaran sedang melakukan pencermatan terhadap seluruh anggaran yang diajukan. Diharapkan akhir Januari APBD 2004 sudah bisa disahkan. (Fik)-f

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: