Banyak Caleg Siapkan Kampanye; Pemilu, Kegiatan Dewan Terancam

Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta, Monday, 05 January 2004

DANUREJAN (KR) – Memasuki tahun baru 2004, agenda penting yang harus diselesaikan anggota DPRD DIY yakni pembahasan RAPBD 2004. Namun demikian, adanya berbagai agenda untuk persiapan kampanye para calon legislatif (caleg) dari berbagai partai, dikhawatirkan bisa mengancam pelaksanaan pembahasan agenda tersebut.
Menurut Wakil Ketua Panitia Musyawarah (Panmus) DPRD DIY Imam Samroni kepada KR, Minggu (4/1), pembahasan RAPBD diawali dengan penghantaran dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Rencananya, penghantaran itu akan dilaksanakan pada minggu-minggu ini dan ditargetkan rampung pada akhir Februari 2004.
Meski demikian, melihat banyaknya anggota dewan yang maju menjadi calon anggota legislatif (caleg), maka diperkirakan akan menyita waktu, sehingga kemungkinan aktivitas di dewan juga bakal mengalami penurunan.
“Sampai saat ini saja, kegiatan kedewanan sering tidak mencapai kuorum. Kalau pun hadir, tetapi tidak rutin. Sehingga pembahasan di komisi-komisi maupun panitia khusus tidak berjalan dengan cepat,” katanya.
Dikemukakan, sesuai jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), sejak 2 Januari hingga 28 Februari 2004 merupakan masa persiapan kampanye. Dalam masa tersebut, banyak anggota dewan yang sibuk untuk mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaan kampanye nanti. “Padahal saat ini dewan punya agenda padat, membahas RAPBD yang membutuhkan perhatian serius,” katanya.
Jika pembahasan RAPBD mundur lagi, maka anggota dewan bakal dihadapkan pada kesibukan yang menyita waktu lebih banyak yakni kampanye. “Ini tantangan. Jangan sampai karena Pemilu, justru pembahasan menjadi molor,” katanya.
Berdasarkan pantauan KR dalam dua minggu terakhir, suasana di DPRD DIY memang terlihat lebih sepi dari biasanya. Sebelum reses Natal dan Tahun Baru, banyak anggota dewan sibuk mengurus persyaratan untuk maju menjadi caleg. Sementara setelah tahun baru, suasana sepi juga masih terlihat.
Beberapa anggota dewan yang aktif datang, menyayangkan ketidakaktifan anggota lainnya di dewan karena sibuk mengurusi pencalegan. Seharusnya kegiatan di dewan tidak dinomorduakan. (Jon)-n.

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: