Beberapa Instansi Dilikuidasi; 36 Jabatan Pemprop DIY Turun

Kedaulatan Rakyat, Danurejan, Friday, 30 January 2004
http://www.kr.co.id/article.php?sid=85921

DANUREJAN (KR) – Sekda Propinsi DIY Ir Bambang Susanto Priyohadi MPA menjelaskan, perubahan lembaga pemerintahan di lingkungan Pemprop DIY dimaksudkan agar fungsi pemerintahan bisa berjalan efektif dan lebih berpihak kepada rakyat. Sejumlah lembaga, antara lain Badan Kesatuan dan Perlindungan Masyarakat (Bakeslinmas) DIY, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD), akan dilikuidasi dan secara fungsional digabung ke lembaga lain. Konsekuensinya, dengan lembaga baru ini 36 jabatan akan turun. Bahkan jika tidak mendapatkan jabatan di Eselon II, maka 14 pejabat akan pensiun.
Hal tersebut disampaikan Bambang SP menjawab pertanyaan wartawan di DPRD DIY, Kamis (29/1), berkait revisi kelembagaan di Pemprop DIY yang kini dalam pembahasan di DPRD DIY.
Dikatakan, dalam revisi lembaga pemerintahan di Pemprop DIY ini, tidak akan ada lagi duplikasi lembaga, sehingga organisasi bisa lebih ramping dan fungsional. Dengan demikian, diharapkan dalam kelembagaan yang baru nanti birokrasi pemerintahan bisa lebih efektif dan tidak bertele-tele. “Kita harapkan sebelum Pemilu penataan kelembagaan sudah selesai, dan pejabat baru sudah duduk pada posisinya masing-masing,” tegas Sekda.
Dalam memilih dan menempatkan pejabat, jelas Bambang SP, tidak dikenal istilah ‘mengkotakkan’. Prinsipnya, siapa pun yang berprestasi akan tetap difungsikan.
Dihubungi terpisah, Wakil Ketua Pansus Revisi Kelembagaan DPRD DIY H Imam Samroni SPd menjelaskan, dari hasil pembahasan di Pansus sejumlah lembaga dihapus. Di antaranya, Bakeslinmas dan Dispenda. Secara umum lembaga yang direkomendir Pansus yaitu 1 Sekda, 3 Assekda, 5 Biro, 2 Badan, 3 Kantor, 1 RS Ghrasia, serta 10 Dinas. “Pansus sudah sepakat, dan kita sekarang sedang menunggu pandangan fraksi-fraksi,” jelasnya.
Ditanya kapan kelembagaan Pemprop ditetapkan, Imam menjelaskan, seharusnya sudah bisa disahkan Rabu (28/1) lalu. Namun saat ini ia belum bisa memastikan.
“Mudah-mudahan pekan depan sudah ditetapkan. Jika tidak, maka penyusunan APBD 2004 bisa tertunda lagi,” tegasnya.
Sedang Wakil Ketua DPRD DIY Totok Daryanto mengungkapkan, likuidasi Bakeslinmas merupakan hal yang wajar. Namun demikian, fungsi-fungsi yang dijalankan badan tersebut harus dapat diintegrasikan ke dinas atau instansi terkait.
Totok minta kepada karyawan Bakeslinmas supaya tidak resah dengan keputusan ini. Karena keputusan diambil setelah mengkaji banyak hal, fungsi dan faktor lainnya.
“Kita tegaskan, tidak ada PHK untuk PNS dengan dihapuskannya Bakeslinmas. Sedang penempatan pejabat eks Bakeslinmas, menyesuaikan aturan yang ada,” tambah Totok. (Fik/Jon)-z

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: