Demo Menentang RUU Sisdiknas

http://pemda-diy.go.id/berita/article.php?sid=346
Tanggal: 2003-05-04 18:17:29

Sebanyak 200 orang aktivis Forum Mahasiswa Yogyakarta (FMY), pada Jumat 02/5 kemarin berunjuk rasa di gedung DPRD Jl.Malioboro, menuntut dibatalkannya Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas), karena dianggap memasung kreativitas mahasiswa dan tidak memberi kesempatan kepada rakyat kecil.
Dalam orasinya, mereka juga meminta agar Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tidak dijadikan alat bagi penguasa untuk mempertahankan kekuasaannya. Oleh karenanya, Ketua UmumFMY, AH Maftuchan menyerukan agar RUU Sisdiknas dibatalkan. “Kami menolak RUU Sisdiknas serta politisasi kampus dengan menolak Partai politik masuk kampus. Kami juga menolak kapitaslisasi pendidikan karena tidak berpihak pada rakyat kecil, serta menuntut kenaikan subsidi biaya pendidikan”, ujarnya.
Sementara anggota Komisi E, DPRD DIY yang menerima aspirasi mereka,H. Imam Samroni, S.Pd mengajak agar mahasiswa juga menyusun draft RUU Sisdiknas untuk dimasukkan dalam agenda Depdiknas untuk dijadikan masukan bagi Departemen Pendidikan Nasional. Ia juga didampingi angoota komisi E lainnya, dr. Haryadi Jaka Darmanta.
Dalam kesempatan yang berselang beberapa saat kemudian, mahasiswa Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa juga menyampaikan aspirasi dengan mengadakan dialog di depam amggota Komisi E DPRD DIY. Mereka juga menuntut agar RUU Sisdiknas dibatalkan karena tidak memberi peluang rakyat kecil untuk mengenyam pendidikan.”Disamping itu pendidikan yang dirancang tidak berdasar pada nilai-nilai Pancasila, sehingga bertentangan dengan tujuan nasional mencerdaskan kehidupan bangsa”, seru mereka.
Ketika menerima aspirasi mahasiswa UST,anggota Komisi E DPRD DIY, Drs.Ellya Totok Sujianto mengatakan, sebagai civitas perguruan tinggi yang menjunjung tinggi Pancasila dan nilai-nilai luhurbudipekerti, mahasiswa Universsitas Sarjana Wiyata Taman Siswa hendaknya memberi masukan kepada lembaga legislatifdan pemerintah, agar RUU Sisdiknas dapat disusun sesuai dengan bingkai kebangsaan Indonesia. (emka)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: