Kasus Asuransi DPRD DIY

Kompas, Yogyakarta, Selasa, 15 Juli 2003

Salah satu kasus yang mengganggu kinerja anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Daerah Istimewa Yogyakarta adalah kasus asuransi yang melibatkan enam anggota DPRD dari empat fraksi. Agar kasus itu bisa dituntaskan, pada tahap pertama perlu dilakukan penyelesaian politis, dan setelah itu proses hukum dijalankan. Beberapa anggota mengusulkan agar dipakai hak penyelidikan dalam kasus asuransi yang berpotensi melibatkan puluhan anggota DPRD itu.
“Pembahasan tentang asuransi telah melalui mekanisme yang legal, sehingga kasus asuransi DPRD DIY merupakan permasalahan kelembagaan dan bukan menjadi tanggung jawab perorangan. Karena itu, pimpinan DPRD niscaya menindaklanjuti kasus itu sebagai permasalahan kelembagaan sesuai dengan tugas dan fungsinya,” kata juru bicara lintas fraksi Imam Samroni (Fraksi Kebangkitan Bangsa/F-KB) di Yogyakarta, Senin (14/7).
“Mengingat Keputusan DPRD DIY Nomor 22/K/DPRD/1999 tentang Peraturan Tata Tertib DPRD DIY Pasal 27 butir c, Pasal 28, dan Pasal 31, kami juga mengusulkan hak penyelidikan untuk kasus asuransi DPRD DIY sebagai bagian penyelesaian secara kelembagaan,” kata Imam.
Hak penyelidikan DPRD bisa dipakai jika diusulkan minimal oleh tiga anggota DPRD lebih dari satu fraksi. Saat ini, menurut Imam, selain dirinya sudah ada dua anggota lain yang setuju mengusulkan penggunaan hak itu. Mereka adalah anggota F-KB Drs H Bugiakso, dan Drs Ellya Totok Sujianto dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP).
Setelah diusulkan dalam rapat pimpinan, pada tahap selanjutnya akan dibentuk panitia khusus (pansus) yang membahas masalah itu. “Cara ini merupakan penyelesaian secara politis, walaupun demikian saya tetap menginginkan kasus ini juga diselesaikan secara hukum pidana,” katanya. (SIG)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: