Parpol di Bantul Siap Kampanye; Kedepankan Prinsip Damai dan Beradab

Kedulatan Rakyat, Bantul, Thursday, 11 March 2004

BANTUL (KR) – Partai politik (Parpol) di Kabupaten Bantul menyatakan kesiapannya melaksanakan kampanye dengan mengedepankan prinsip-prinsip kedamaian, aman dan beradab. Di sisi lain, para politisi di daerah ini juga mendambakan keinginan warga masyarakat di Bantul menggunakan hak pilihnya secara baik.
Pernyataan tersebut dikemukakan sejumlah ketua Parpol di Bantul antara lain, Ketua DPC PPP Bantul Drs Ahmad Subagya, Ketua DPC PKB H Abdul Halim Lc dan Ketua DPC Partai Sarikat Indonesia (PSI) Imam Samroni SPd, Rabu (10/3) secara terpisah. Mereka sepakat agar kampanye harus berlangsung damai, aman dan menjadi arena untuk pendidikan politik masyarakat.
Menurut Ahmad Subagya, kini sudah tidak waktunya kampanye dengan model-model pengerahan massa di lapangan. Sebab, selain dianggap tidak strategis, juga membuat masyarakat tidak nyaman saat melintas di jalan. Berbekal pengalaman yang sudah-sudah, maka PPP Bantul lebih menonjolkan kampanye-kampanye dialogis, di ruangan tertutup, silaturahmi dan melalui media seperti buletin, selebaran dan brosur-brosur. “Saya kira dengan cara-cara seperti itu lebih efektif dan mengenai sasaran,” ujar Ahmad Subagya.
Pernyataan senada disampaikan Ketua DPC PSI Bantul Imam Samroni. Parpol yang dipimpinnya juga berupaya menghindari kampanye yang mengundang banyak massa. Pihaknya lebih mengedepankan pada pengenalan dan sosialisasi program secara langsung di tengah-tengah masyarakat. “Kami akan melakukan penajaman pada kampanye dialogis di masyarakat langsung,” ujar Imam Samroni yang kini telah menyiapkan sejumlah jurus untuk melaksanakan kampanye damai nan cantik.
Sementara itu, Ketua DPC PKB Bantul, Abdul Halim mengakui, dalam kampanye Pemilu 2004 masih didominasi rapat-rapat umum. Hal ini, juga sesuai dengan jadwal kampanye yang dibuat KPU setempat. “Jadwal kampanye itu cenderung agar Parpol mengadakan sejenis rapat umum di tempat terbuka,” ujar Halim.
Ia memang sedikit khawatir model kampanye seperti itu mengundang kerawanan. Namun, pihaknya berharap dengan sistem daerah pemilihan (Dapel), kerawanan-kerawanan dalam kampanye bisa diminimalisasi. Oleh karena itu, kerjasama semua pihak, terutama aparat kepolisian benar-benar dimaksimalkan.
Sampai Rabu kemarin, parpol-parpol di Bantul terus merapatkan barisan dan mematangkan jadwal kampanye. Mereka tak ingin waktu kampanye yang hanya tiga kali putaran itu lewat begitu saja. (Obi)-o

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: