Pendidikan di DIY Perlu Penajaman Mutu

Media Indonesia, Kamis, 14 Desember 2006

YOGYAKARTA Untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya tingkat sekolah dasar (SD) sampai sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) seharusnya segera melakukan penajaman mutu pada kurikulum pendidikan.
Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DIY Imam Samroni kepada Media, Sabtu (8/6) mengatakan, selama ini pendidikan di DIY masih berlandaskan kurikulum nasional dan mengembangkan muatan lokal tanpa mempertimbangkan peningkatan mutu pendidikan itu sendiri.
Menurut Imam, seharusnya muatan lokal bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penajaman mata pelajaran, yang tujuan akhirnya adalah peningkatan kualitas.
Imam melanjutkan, sebenarnya DIY sangat diuntungkan dengan kurikulum nasional yang menurutnya sangat Jawa sentris. “Bagaimana tidak Jawa sentris, kurikulum lebih mengarah pada situasi dan lingkungan belajar yang ada di Jawa,” katanya, “Jawa sentris itu tidak bermakna pada orientasi budaya tetapi lebih kepada situasional dan lingkungan yang melandasi pelaksanaan pendidikan itu sendiri.”
Sebenarnya, ujar Imam, yang diperlukan sekarang ini adalah kemampuan DIY sendiri untuk mengembangkan kurikulum melalui kebebasan-kebebasan yang ada. Ia mengatakan, kurikulum Indonesia memang sangat ketat sehingga tidak hanya target akhir saja yang diatur tetapi juga bagaimana mencapai target itu. Imam berpendapat, seharusnya tujuan instruksional umum maupun tujuan instruksional khusus bisa dikembangkan sendiri oleh daerah sehingga akan lebih sesuai.
Anggota Dewan ini mengakui untuk bisa mencapai itu perlu adanya dewan pendidikan di tingkat kabupaten dan dewan sekolah di masing-masing sekolah. Namun, untuk membentuk itu ternyata bukan hal mudah karena adanya penentangan dari masyarakat maupun dari pihak lain.
“Penentangan itu sebenarnya tidak pada tempatnya karena yang menjadi sasaran sesungguhnya adalah peningkatan kualitas pendidikan,” tukas Imam. Dengan adanya dewan pendidikan dan dewan sekolah di tingkat masing-masing sekolah, lanjutnya, pada akhirnya manajemen berbasis sekolah juga akan semakin bisa dikembangkan. (media)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: