PSI Bantul Gelar ‘Pengantin Cakil’ Mundurnya HB X Tak Pengaruhi Suara Golkar

Liputan Pemilu 2004
Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta, Wednesday, 17 March 2004,

YOGYA (KR) – Mundurnya Sri Sultan Hamengku Buwono X dari pencapresan, secara optimis dinilai Ketua DPD Partai Golkar (PG) DIY HM Sudarno, tidak akan mempengaruhi perolehan suara Partai Golkar DIY. Sebab dengan mundurnya Sri Sultan HB X, masih ada 6 capres lain yang juga memiliki kemampuan. Bahkan Sudarno memprediksi, perolehan suara akan naik dibanding Pemilu lalu dari 14 persen menjadi 25 persen.
Optimisme HM Sudarno yang didampingi Ketua Biro Kampanye Heru Wahyu Kismoyo dan Bendahara Heru Th dikemukakan saat jumpa pers di Kantor DPD PG DIY, Selasa (16/3) sore. Pertemuan diselenggarakan terkait akan diselenggarakannya kampanye putaran pertama di DIY (kecuali Gunungkidul), Rabu (17/3) hari ini.
Dalam penjelasannya Heru Wahyu menyebutkan, adanya reposisi PG melakukan kampanye dengan harapan tidak lagi ada satgas/konvoi sepedamotor. Untuk Kota Yogya, kampanye dialogis dilaksanakan di masing-masing Dapel dengan jurkam GBPH H Joyokusumo, Woro Indriati dan caleg masing-masing Dapel dengan hiburan artis Iga Mawarni.
Di Sleman Dapel I, III dan IV mengadakan kampanye dialogis serta Dapel II, V dan VI dilakukan rapat umum dengan jurkam di antaranya Amelia Yani dan Adi Sutrisno. Di Bantul dilaksanakan di masing-masing kecamatan dilakukan rapat umum dengan jurkam di antaranya Dien Novita, KH Saiful Mudjab. Sedang di Bantul akan diadakan rapat umum di Kelurahan Pendowoharjo dengan jurkam Surya Paloh dan HM Sudarno.
Kampanye putaran pertama hari ketujuh Rabu (17/3) hari ini, empat partai akan berkampanye di Yogya, Bantul, Sleman, dan Kulonprogo. Keempat partai tersebut yakni Partai Golkar, Partai Sarikat Indonesia, Partai Persatuan Daerah, dan Partai Pelopor.
Sekretaris DPD Partai Golkar Bantul Drs Agus Subagyo secara terpisah mengatakan, untuk kampanye kali ini akan diikuti sekitar 6 ribu simpatisan dan kader partai berlambang beringin. Sebelum mengikuti rapat umum, mereka berkumpul di Daerah Pemilihan (Dapel) masing-masing.
Sedang DPC Partai Sarikat Indonesia (PSI) Kabupaten Bantul bakal menyuguhkan nuansa kampanye istimewa dalam putaran kampanye pertama, Rabu (17/3) hari ini. Kampanye yang ditawarkan PSI Bantul diberi judul ‘Pengantin Cakil (Calon Wakil) Rites De Bantul’.
Ketua DPC PSI Bantul Imam Samroni SPd menjelaskan, dalam kampanye unik itu, mereka akan menampilkan seluruh calon anggota legislatif (caleg) yang disebutnya sebagai ‘Pengantin Cakil’. Dengan menggunakan kendaraan terbuka, parpol bernomor 22 ini akan mengelilingi wilayah Kabupaten Bantul. Kemudian, di tempat-tempat strategis tertentu, rombongan pengantin akan berhenti untuk melakukan orasi politik maupun menerima ular-ular dari masyarakat.
Sementara itu R Hardjono WD, Ketua DPC Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI) Gunungkidul menjelaskan, kampanye hari ini digelar di Desa Planjan Saptosari, mencakup dua Kecamatan Panggang dan Saptosari serta akan dihadiri sekitar 3 ribu warga PPDI.
Kampanye ini juga bakal dimeriahkan seni tradisonil berupa doger, reyog dan jatilan binaan PPDI. Jurkam yang ditampilkan dari Pusat Roy Siregar SH dan Dra Kasih Sri Mulyani, dari Propinsi DIY Said Ifan Fauzi Sp, serta dari Gunungkidul R Hardjono WD.
Sedang kampanye kedua 23 Maret mendatang akan dipusatkan di Tanjungsari Kemiri, meliputi Kecamatan Tepus dan Tanjungsari. Pada putaran itu juga akan mendatangkan jurkam pusat dan dihadiri sekitar 3 ribu massa. Sementara kampanye ketiga di Wiladeg Karangmojo mencakup 3 kecamatan yang akan dihadiri sekitar 4 ribu massa. Pada periode ketiga itu, akan dihadirkan jurkam pusat, propinsi dan Gunungkidul. (Tim KR)-z.

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: