Puluhan SPK Alfa Diperlakukan Kasar Dituduh Mencuri dan Ditampar

Bernas, Kota, Kamis, 2 Nopember 2002

Puluhan Sales Promotion Girl (SPG) PT Alfa Retailindo di Jalan Solo KM 8 Nomor 234 Yogya, mengadu ke Komisi E DPRD DIY, Rabu (22/11). Pengaduan disampaikan karena mereka dituduh mencuri empat buah VCD player dan sebuah handycam oleh Kadiv Dry Food PT Alfa, R Yani Nugroho.
Puluhan SPG itu datang ke Dewan didampingi oleh Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) dan kuasa hukumnya dari LBH Yogya Sudi Subarkah SH serta Johni Bahder SH. Mereka diterima di ruang komisi oleh Ketua Komisi E HM Umar dan jajaran anggota seperti Elya Totok Sujiyanto, H Muhadi Zaenal SH, dan Imam Samroni SPd.
Layaknya demo-demo yang lain, mereka datang dengan membawa poster-poster yang bertuliskan antara lain “Kami Bukan Maling”, “Tindak Tegas Pelaku”, “Usut Kasus Kekerasan” dan “Keadilan bagi SPG”. Aksi itu juga didukung secara tertulis oleh Forum Buruh Yogyakarta (FBY).
Awalnya, HM Umar mengatakan, DPRD DIY tidak mempunyai kompetensi dalam persoalan itu, karena yang lebih berwenang adalah DPRD Sleman. Namun semua karyawan itu ngotot harus diselesaikan di DPRD DIY. Oleh karena itu, Dewan melakukan koordinasi dengan DPRD Sleman untuk menyelesaikan kasus itu.
Mereka mengaku dipaksa untuk mengakui mencuri di atas kertas segel, disertai tamparan dan kata-kata kotor. Bahkan ada salah seorang SPG Nivea bernama Tri Rahayu (19) yang diculik, dibawa ke rumah Lilin pada 26 Oktober silam sekitar pukul 12.45 untuk diinterogasi dan dipaksa mengaku telah mencuri. Selain Tri Rahayu, para SPG yang mendapat perlakuan kasar dan tidak adil adalah Wahyu Eko Susilowati, Supratjini, Tri Widiyanti dan Titik Arifiyani.
Menurut Juru bicara karyawati, Niken, satu per satu dari mereka dipanggil oleh tim interogator (R Yani Nugroho, Dana Sulistya, Viktor, Dzakir, Sapan dan Waluyo) di ruang pertemuan dan dipaksa mengaku mencuri pada 26, 29, 30 dan 31 Oktober. Atas perlakuan tersebut, mereka menuntut untuk memproses R Yani Nugroho melalui jalur hukum karena telah main hakim sendiri, mengembalikan nama baik mereka, mencegah adanya black list bagi mereka serta menuntut PT Alfa Retailindo dan R Yani Nugroho untuk minta maaf melalui media cetak lokal dan nasional selama tujuh hari berturut-turut. “Selain itu kami menuntut barang-barang kami yang masih ditahan perusahaan dikembalikan kepada kami,” ujar Niken.
Dihubungi via telepon, R Yani Nugroho menolak tuduhan telah memaksa dan menampar karyawati serta mengatakan pencurian itu memang ada dan karyawati itu mengakui perbuatannya tanpa pemaksaan di atas kertas bersegel. Yani juga menolak tuduhan telah melontarkan kata-kata kotor kepada mereka.
Sedangkan dalam pernyataan tertulis yang dikirimkan via faksimili ke Harian Bernas, Rabu (22/11) sore, Pimpinan PT Alfa Retailindo Yogya Prapto Wahyoeningroem SH mengatakan sebetulnya para SPG tersebut adalah karyawan distributor Alfa dan bukan karyawan Alfa. Karenanya, seharusnya kasus itu ditindaklanjuti oleh distributor.
Selain itu, sambungnya, sejumlah SPG yang telah mengaku mengambil barang dagangan tanpa membayar, sebetulnya sudah dibuatkan surat pernyataan di atas kertas bermaterai setelah melalui proses penyidikan dan cross-check para saksi di hadapan tim Alfa Yogya.
Setelah mendatangi Dewan, para SPG itu mengadu ke Polda DIY. Mereka mendesak polisi mengusut dan menindak R Yani Nugroho dan Satpam Lilin. Kedatangan mereka diterima Sekretaris Direktorat Reserse (Sesdit Serse) Superintendent Drs Andayono, Kepala Detase- men Markas (Kadenma) Asisten Superintendent Paimun dan bagian Serse Y Marjuki.
Menanggapi pengaduan itu, Sesdit Serse Polda DIY Superintendent Drs Andayono menyarankan pengaduan secara tertulis. Selanjutnya, polisi akan menyelesaikan kasus tersebut dengan memanggil R Yani Nugroho dan Lilin agar diproses sesuai prosedur hukum. (sun/tt/hri)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: