Sebagian Besar Warga Yogya Setuju Gubernur DIY Dijabat Perempuan

Politik/Sultan HB X
http://www.yogyakartapress.com/index3.php?id=999900&no=51&terkait=sultan%20hb%20x&urutan=20070415144400
15/04/2007

YogyakartaPress, Pasca penolakan Sultan HB X menjadi gubernur DIY lagi, berbagai perdebatan soal penggantinya, hingga kini, terus mencuat. Sebuah survey di Yogyakarta, bahkan, menyatakan, sebagian besar warga DIY setuju, jika gubernur DIY dijabat seorang perempuan.
Survey ini memang sudah dilakukan sejak tahun 2006 lalu. Namun, hasilnya baru menjadi kontroversi, belakangan ini, setelah Sultan HB X mengungkapkan keinginannya untuk tidak lagi menjabat gubernur DIY. Menurut survey yang dilakukan Pusat Studi Islam (PSI) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta ini, sebanyak 52,8 persen responden menyatakan setuju jika gubernur DIY kelak dijabat perempuan.
“Penelitian ini melibatkan 2011 responden dari berbagai latar belakang,” kata Imam Samroni Msi, salah seorang peneliti. Dikatakan, rata-rata responden di DIY menganggap perempuan menjadi gubernur sebagai suatu hal yang pantas dan kuat. “Bisa juga dikatakan, perempuan mempunyai kans kuat untuk dipilih sebagai gubernur”, ungkap Imam.
Lebih lanjut ditambahkan, survey ini sebenarnya lebih terfokus pada sikap keagamaan yang berkeadilan dan berkesataraan gender dalam keluarga di wilayah DIY. “Riset ini sebenarnya dilatarbelakangi oleh adanya UU Anti Kekerasan dalam Rumah Tangga atau KDRT. Jadi bukan pesanan, menyusul penolakan Sultan HB X tersebut”, kata Imam, yang juga mantan anggota DPRD DIY ini.
Meski menganggap hasil survey ini bisa menjadi wacana baru dalam perdebatan terkait calon gubernur DIY pengganti Sultan, namun, sejumlah kalangan menyayangkan, hal tersebut baru diungkap setelah Sultan mengungkapkan niat mundurnya. “Penelitian itu khan seharusnya independent, jadi tidak perlu takut mengungkap hasilnya, sekalipun Sultan masih menjabat Gubernur DIY, demi demokrasi,” kata Andri, seorang aktivis mahasiswa di Yogyakarta. Jadi, menurutnya, tidak perlu takut, Sultan tersinggung atau tidak terhadap hasil penelitian tersebut. Nah lo!
penulis: elan fido

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: