Sibuk Hadapi Pemilu, Anggota DPRD DIY Malas Kerja

Sinar Harapan, Yogyakarta, Sabtu, 01 November 2003
http://www.sinarharapan.co.id/berita/0311/01/nus01.html

Meski masa kerja anggota DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih sampai Agustus tahun depan, sekarang ini sudah banyak yang malas kerja. Akibatnya, beberapa rapat tak mencapai korum. Atau paling tidak, rapat harus ditunda beberapa jam untuk bisa memenuhi korum.
Kondisi ini diungkapkan oleh Nur Achmad Affandi, salah satu wakil ketua DPRD DIY, dalam percakapan dengan wartawan di gedung DPRD DIY, Jumat (31/10). “Hal ini terjadi karena kesibukan anggota DPRD dalam melaksanakan tugas partai menyongsong Pemilu 2004, bukan karena bulan puasa. Bahkan hal ini sudah terasa pada triwulan kedua tahun ini, rata-rata kehadiran mereka sekitar 60 persen, malahan kadang di bawah 50 persen,” kata Nur Achmad.
Menurut Nur Achmad, keadaan yang demikian ini menunjukkan telah terjadi personalisasi tugas politik partai yang dibawa ke DPRD. “Tentu saja ini bisa merugikan masyarakat dan merusak citra partai. Dan yang bisa mengatasi hanyalah para pimpinan partai, apalagi mereka bisa menggunakan kewenangan recall,” tuturnya.
Kondisi demikian diakui Wakil Ketua Panitia Musyawarah (Panmus) DPRD DIY Imam Samroni. Ia mengemukakan menurunnya kinerja Dewan itu akibat konsentrasi menghadapi Pemilu 2004, di samping beban kerja Dewan yang banyak. Akibatnya, beberapa rapat yang tak bisa dilaksanakan harus dijadwal ulang. “Dengan begitu akan menyodok agenda lain sehingga mengalami kesulitan untuk menyusun jadwal persidangan DPRD,” ujarnya.
Menurut Samroni, kemungkinan besar hingga akhir 2003 ini, DPRD DIY hanya akan mampu menyelesaikan sedikit beban kerja termasuk kemungkinan menyelesaikan Perda APBD 2004 pada tengah Januari 2004. “Sedangkan sembilan raperda lainnya, kemungkinan tidak akan terselesaikan pada akhir 2003 ini,” katanya.

Dibantah
Sinyalemen kemalasan ini dibantah oleh Wakil Ketua DPRD DIY lainnya, Totok Daryanto. “Kalau mengurusi partai itu biasanya dilakukan di luar jam kerja, jadi tak mengganggu kegiatan pokok di DPRD,” kata Totok yang juga menjabat sebagai Ketua DPW PAN DIY.
Hal senada juga diungkapkan salah satu anggota DPRD DIY yang juga Ketua DPD I Partai Golkar HM Sudarno. Apa yang diungkapkan oleh Nur tak beralasan. Sebab, menurut Sudarno, ia baru saja ikut rapat fraksi dan semua anggota hadir. Beberapa hari lalu, ketika ada pembahasan di Komisi A, yang hadir juga lengkap.
Toh begitu Sudarno mengakui belakangan ini sangat disibukkan dengan konvensi Golkar. Dan kesibukannya itu sedikit banyak berpengaruh pada kegiatannya di DPRD DIY. “Memang kegiatan partai itu ada pengaruhnya terhadap kegiatan di DPRD, paling tidak para pimpinan partai harus terlibat dalam persiapan Pemilu 2004. Meski begitu, kegiatan di DPRD tak boleh berhenti, pelayanan kepada masyarakat masih bisa dijalankan,” kata Sudarno. (yuk)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: