Tatib Pemilihan Gubernur Selesai Segera Disampaikan ke Mendagri untuk Disahkan

Pikiran Rakyat, Yogyakarta, (PR).- Sabtu, 13 September 2003

Setelah bekerja secara maraton, Panitia Khusus Tata Tertib (Pansus Tatib) Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) DIY berhasil menyelesaikan tugasnya membuat tata tertib (tatib). Tatib tersebut selanjutnya segera disampaikan ke Mendagri untuk mendapatkan pengesahan secara yuridis.
Tatib yang digodok selama empat hari ini menyangkut proses penetapan, pengesahan, dan pemilihan. Dari 10 pasal yang telah disepakati, tidak ada pasal yang memuat tentang proses penjaringan dan penyaringan serta sosialisasi Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan KGPAA Paku Alam (PA) IX, sebagai Gubernur dan Wagub DIY periode 2003 -2008.
Meski Raja Keraton Yogyakarta dan Kadipaten Pura Pakualaman, Sultan dan PA IX ditetapkan sebagai Gubernur dan Wagub, keduanya tetap harus menjalani verifikasi. Proses tersebut untuk lebih meyakinkan serta memastikan apakah Sultan HB X dan PA IX adalah figur yang memenuhi syarat atau belum. Termasuk dalam proses tersebut adalah penyampaian daftar kekayaannya.
“Kita rapat maraton. Meski demikian, suasana yang terbangun tetap dalam koridor demokratis, dilakukan dialog secara mendalam. Tatib yang 10 pasal tersebut tidak ada yang krusial,” ujar Ketua Pansus Tatib Pengisian Jabatan Gubernur dan Wagub DIY, Khairudin, kepada wartawan, Jumat (12/9).
Proses konsultasi dengan Mendagri, lanjutnya, berkenaan dengan surat dari Depdagri yang salah satu isinya menyebutkan bahwa dalam proses penyusunan tatib, dapat dikonsultasikan ke Mendagri. Hal itu sekaligus untuk mendapat kepastian yuridis sehingga tidak muncul persoalan di kemudian hari.
Menyangkut materi tetap dilakukannya verifikasi terhadap Sultan dan PA IX, hal ini juga sudah menjadi aturan baku. Termasuk kesetiaan kepada NKRI dan pemerintah yang sah. Ketentuan lain yang harus dipenuhi adalah tentang tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan keputusan pengadilan negeri serta berbagai persyaratan lainnya.
Menjawab penyampaian surat ke Mendagri, Wakil Ketua DPRD DIY Boedi Dewantoro mengungkapkan bahwa proses penetapan/pengangkatan telah dikonsultasikan dengan Mendagri, Kamis (11/9). Dia berharap proses tersebut akan berjalan lancar sehingga proses pengesahan dan pelatikannhya tidak mudnur dari jadwal yang telah disepakati.
“Dengan adanya proses ini, kita optimistis proses pengisian dan penetapan tersebut akan selesai sebelum masa berakhirnya masa jabatan gubernur, 3 Oktober 2003 nanti. Jadi, yang kita kejar bukan hanya masalah pengisian jabatan tetapi juga menyangkut sisi kepastian hukumnya,” tuturnya.

Agenda tak berfungsi
Di tempat terpisah Wakil Ketua Panitia Musyawarah (Panmus) DPRD DIY Imam Samroni mengatakan bahwa dengan adanya kesepakatan untuk dilakukan pengisian dan penetapan Gubernur DIY, menyebabkan sebagian agenda yang sebelumnya telah dijadwalkan panmus, menjadi tidak berfungsi. Hal itu karena dewan mencoba untuk mengejar waktu agar proses pengisian dan penetapan Gubernur dan Wagub DIY dapat dilakukan sebelum akhir masa jabatannya berakhir.
“Kita harus menyesuaikan dengan jadual dari pansus. Khususnya dalam hal pengisian dan penetapan gubernur dan wagub. Kita juga sudah sepakat pelantikannya dapat dilakukan pada tanggl 3 Oktober nanti. Dengan demikian tidak terjadi kekosongan atau adanya pejabat gubernur, yang tidak kita inginkan,” ujarnya.
Seperti diberitakan sebelumnya rapat paripurna khusus pendapat akhir fraksi, seluruh frkasi sepakat bahwa Sultan HB X dan PA IX, diangkat dan kembali dipilih sebagai Gubernur dan Wagub DIY mendatang. Rapat yang berlangsung malam hari mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian DIY, menyusul isu akan adanya aksi apabila Sultan dan PA IX tidak lagi ditetapkan sebagai Gubernur dan Wagub DIY. (A-101)***

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: