Pengemudi Becak dan Andong Perlu Surat Izin Mengemudi

Kompas, Jumat, 27 Juni 2003

http://64.203.71.11/kompas-cetak/0306/27/jateng/396213.htm

Yogyakarta, Kompas – Pengemudi becak dan andong di Yogyakarta perlu dibuatkan surat izin mengemudi dan tanda kepemilikan agar mendapat kepastian hukum dalam menjalankan kendaraan. Hal ini penting untuk mengantisipasi kasus kecelakaan dan juga wujud eksistensi mereka sebagai pengguna jalan di Yogyakarta, yang diatur peraturan daerah.

Demikian butir penting yang mengemuka dalam dialog Paguyuban Andong dan Becak dengan Kelompok V Satuan Kerja Reses DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta di Dalem Yudonegaran, Yogyakarta, Kamis (26/6). Dialog ini dimoderatori KetuaKelompok V Imam Samroni dan juga dihadiri Kepala Dinas Perhubungan DIY Sutiyoso, Ketua Paguyuban Andong GBPH Yudaningrat, dan akademisi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dengan dialog diharapkan memberi masukan untuk menyempurnakan Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas Jalan di wilayah DIY.

Jono, dari Paguyuban Becak Yogyakarta, mengatakan bahwa selama ini mereka merasa dianaktirikan, merasa tak dihargai martabatnya karena tidak diperhatikan oleh Dinas Perhubungan maupun Kepolisian. Terus terang, katanya, surat izin mengemudi atau apalah namanya itu, bagi kami akan sangat berharga, terutama bila ada kasus dengan pihak lain.

Imam menambahkan, surat semacam itu perlu untuk mengontrol jumlah becak dan andong yang kini makin banyak. Sekarang, kepolisian tidak mengeluarkan surat-surat semacam itu sehingga Dinas Perhubungan dapat menerbitkannya. Di Kota Yogyakarta terdapat 12.000 unit becak, 15 paguyuban andong, yang terdiri dari 400 andong wisata dan 300 andong transpor umum.

Memang ada ganjalan untuk mengatur angkutan kendaraan tidak bermotor itu karena sampai sekarang masih ada dua peraturan daerah yang masih berlaku,” kata Imam. (sig)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

One response to “Pengemudi Becak dan Andong Perlu Surat Izin Mengemudi

  • Diaz Maulana

    Wah, Jogja sekali. Baguslah asal tidak serba seragam hasilnya. Saya kalau ke Jogja pingin naik andong yang bisa ngebut, hehehe …..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: