Partisipasi Politik; Parpol dan Masyarakat Sedang Berubah

Jumat, 5 September 2008 | 03:00 WIB
http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/09/05/0016436/parpol.dan.masyarakat.sedang.berubah

Jakarta, Kompas – Fakta bahwa angka partisipasi masyarakat yang rendah dalam pemilihan kepala daerah tidak bisa langsung dijadikan faktor ketidakpercayaan masyarakat terhadap partai lemah.
Pasalnya, dalam pemilu legislatif, angka partisipasinya masih cukup tinggi. Selain itu, partai dan masyarakat sama-sama sedang berubah ke arah yang semakin baik.


Hal ini disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Amanat Nasional (PAN) Totok Daryanto di Jakarta, Kamis (4/9). “Kalau melihat hasil pilkada, memang ada peningkatan golongan putih (golput), namun ada banyak faktor penyebabnya,” ujarnya.

Faktor-faktor tersebut di antaranya sosok yang ditawarkan partai memang kurang kredibel, atau sekadar memunculkan wajah lama yang membosankan rakyat.

“Itu sebabnya PAN dalam pilkada berusaha mencari wajah- wajah baru yang mempunyai kemampuan politik,” ujarnya.

Menurut Totok, tingginya golput dalam pilkada juga disebabkan oleh ketidaksiapan penyelenggara pemilu.
Senada dengan Totok, Presiden Partai Keadilan Sejahtera Tifatul Sembiring juga mensinyalir, meningkatnya golput dalam pilkada karena adanya ketidaksiapan penyelenggara pilkada. “Selain memang tokoh yang ditawarkan memang kurang mendapatkan simpati dari rakyat,” ujarnya.

Namun, Tifatul juga meyakini, jumlah golput dalam pemilu legislatif akan berkurang. Keadaan ini disebabkan semua partai bekerja keras menggerakkan semua jaringan mesin partai untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pemilihan.

“Jadi, untuk meningkatkan partisipasi politik dalam pemilu, memang harus melibatkan semua unsur, pemerintah, Komisi Pemilihan Umum, dan partai politik,” ujarnya. (MAM)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: