Mengapa Golput

Fahrul Ridha – suaraPembaca
http://suarapembaca.detik.com/read/2008/11/14/180607/1037178/471/mengapa-golput
Jumat, 14/11/2008 18:06 WIB

Jakarta – Merebaknya fenomena golput (golongan putih) di beberapa pemilihan kepala daerah (pilkada) di tanah air membuat kita berfikir kembali betapa pentingnya arti kepercayaan. Mengapa disebut kepercayaan?
Karena golput itu sendiri artinya tidak mempercayai satu pasangan pun untuk memimpin daerah mereka. Walaupun sudah bermiliar-miliar dana yang digelontorkan oleh pasangan calon tapi tak bisa menekan jumlah orang untuk golput.

Mengapa demikian? Mengapa sebagian masyarakat cenderung untuk golput. Barangkali masyarakat sekarang tidak lagi bodoh. Masyarakat cenderung berfikir yang konkrit-konkrit saja. Mereka butuh jalan-jalan yang mulus. Mereka butuh harga barang yang tidak terus meroket. Mereka tidak lagi tergiur dengan kata pembela wong cilik. Meningkatkan kesejahteraan dan lain sebagainya.

Apa lagi figur-figur yang mereka lihat sebagai pasangan calon baru mereka kenal setelah mereka mencalonkan diri. Ke mana mereka sebelumnya. Walaupun ada pemain lama tapi mereka sudah mengenal kinerja mereka.
Mungkin inilah pelajaran bagi para politisi baru bahwa membangun kepercayaan itu sudah dimulai saat mereka menjejakkan kaki di dunia politik. Jangan hanya pada saat ingin mencalonkan diri jadi bupati atau gubernur baru mau turun ke pasar. Turun ke perkampungan nelayan, panti jompo, dan lain sebagainya yang intinya cuma cari perhatian.
Bagaimana peran pemerintah melihat hal ini. Bagaimana menghadapi pemilihan presiden (pilpres) 2009 nanti dengan fenomena yang ada di daerah seperti ini. Inilah saatnya membangun kepercayaan publik akan berdemokrasi.
Utamanya di sini adalah peran media. Bagaimana media bisa memberikan stigma di masyarakat bahwa politisi bukan hanya bisa korupsi. Justru di dalam diri seseorang yang berani terjun di dunia politik ada jiwa kepemimpinan. Ada jiwa mengangkat martabat daerah atau negara.

Jadi mengapa golput. Ayo kita memilih pemimpin yang bisa mengangkat bangsa ini ke arah kemajuan tunjukkan bangsa ini masih punya taring.

Fahrul Ridha
Jl Arjuna RT 007 No 48
Kelurahan Muara Rapak Balikpapan
ridha_f@plasa.com
08125527393
(msh/msh)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: