Vatikan: Jangan Golput!

Alfian Banjaransari – detikNews
http://www.detiknews.com/read/2008/10/06/005910/1015692/10/vatikan-jangan-golput!
Senin, 06/10/2008 00:59 WIB

Jakarta – Menjelang pemilu, istilah golongan putih alias golput kerap terdengar. Mungkin karena fenomena ini makin menggejala, Vatikan pun turun tangan. Gereja Katolik Roma menyerukan agar umat Katolik tidak golput.
“Agama tidak seperti merokok, yang bisa ditoleransi dalam kehidupan privat namun dikontrol secara ketat dalam ruang publik,” ungkap Menteri Luar Negeri Vatikan Kardinal Tarscisio Bertone.


Hal itu disampaikan dia dalam jumpa pers mengenai agama dan politik, seperti dilansir Reuters, Senin (6/9/2008).
Sementara itu Uskup Giampaolo Crepaldi, orang nomor dua di Dewan Vatikan untuk Keadilan dan Perdamaian berkata, umat Katolik hendaknya tidak cuek ketika sebuah pilihan politik sedang ditentukan. Hal itu, kata dia, agar suara dapat didengar.

“Tuhan tidak bisa hanya ditinggal di bangku gereja,” ujarnya.

Suasana perpolitikan dunia yang kian memanas juga membuat kalangan Vatikan berkomentar. Minggu lalu, Uskup Raymond Burke dari AS mengecam partai Demokrat AS dan menyebutnya sebagai ‘Partai Kematian’ karena persetujuan partai Demokrat terhadap aborsi.

Burke menyerang politikus partai Demokrat, calon wakil presiden AS Joe Biden dan Ketua DPR AS Nancy Pelosi sebagai ‘orang-orang yang salah mengartikan ajaran Katolik’.

Komentar Burke pun menuai kecaman dan dukungan di dunia maya. Oleh yang mengecam, Burke dituduh sedang berusaha mempengaruhi pemilihan presiden AS, sementara pendukung Burke menanggap bahwa ucapan Burke menunjukkan keberanian seorang uksup.

Terhadap gejala ‘uskup bicara politik ini’ John Allen, seorang pengamat agama berkomentar, apa yang terjadi di AS sekarang ini mau tidak mau menciptakan situasi yang membuat pemimpin Gereja merasa harus berbuat sesuatu.(alf/ken)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

7 responses to “Vatikan: Jangan Golput!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: