Parpol Tambah Jumlah Caleg

http://harianjogja.com/web/index.php?option=com_content&view=article&id=2101:parpol-tambah-jumlah-caleg&catid=98:sleman&Itemid=355
Senin, 15 September 2008 11:30 admin

SLEMAN: Adanya masa perbaikan berkas caleg dimanfaatkan oleh sebagian parpol untuk menambah jumlah calegnya. Baik itu untuk memenuhi kuota perempuan maupun menambah caleg laki-laki. Dari batas waktu yang diberikan hingga 16 September, sebagian besar parpol memang akan mengumpulkan pada hari terakhir.


Sebenarnya, KPUD menyarankan saat sosialisasi pengembalian kemarin untuk mengembalikan berkas hasil perbaikan dilakukan sebelum hari terakhir. Agar nantinya jika ada kesalahan atau kekurangan bisa segera diperbaiki. Sehingga meminimalisir pendiskualifikasian berkas caleg.
Harun Purwanto, Ketua DPC Gerindra Sleman mengatakan, masa perbaikan digunakan partainya untuk menambah caleg lagi. Meskipun, tidak terlalu ngoyo dalam menambah jumlah caleg. Karena secara keseluruhan, untuk kuota perempuan sudah terpenuhi semua, hanya kurang satu dapil. Sementara jumlah caleg yang tetap kemarin ada 26 caleg. “Untuk kekurangan kuota perempuan di satu dapil ini, kemungkinan empat calon baru yang sudah terdaftar ini nantinya akan ditempatkan di dapil yang tidak memenuhi kuota tersebut,” ujarnya.
Bahkan dia mengakui, pemahaman para caleg tentang pengisian berkas yang diberikan dari KPU masih kurang. Sehingga masih terjadi kesalahan dan ketidaklengkapan. “Hal ini bisa kami maklumi, karena hanya 10% saja caleg yang berasal dari kepengurusan. Sisanya dari caleg independen,” terangnya.
Meski demikian, waktu perbaikan yang diberikan dinilai cukup. Baik itu untuk memperbaiki ataupun menambah caleg. “Karena waktu kemarin kan terpotong adanya hari libur 17-an dan cuti bersama sehingga sebagian besar instansi tutup,” ucapnya.
Dia mengakui, di DPC Sleman memang terjadi perubahan nomor urut caleg dari yang sudah diajukan kemarin. Karena ada beberapa caleg yang meminta untuk dipindah ke dapil lain. Karena dia merasa tidak sesuai dengan dapil yang ditempatkan oleh partai.
Namun dia meyakinkan, saat Selasa pagi (16/9) berkas akan dimasukkan ke KPU. “Kami akan bertindak tegas. Di jam dan waktu yang sudah ditentukan, dengan atau tanpa caleg, kereta akan tetap berangkat. Sehingga, kita tidak akan menunggu-nunggu seperti tanggal 19 kemarin, yang berkasnya belum siap, masih diberi toleransi. Kali ini, kita akan bersikap lebih tegas.” ujarnya.
Sementara, sekretaris PNI Marhaenisme, Sutaryono Tejo Aryono, mengatakan akan mengembalikan berkas hasil perbaikan saat hari terakhir. Mengenai penambahan caleg, memang ada tiga caleg baru. Namun, belum bisa dipastikan akan masuk semua atau tidak.
Saat memasukkan berkas bacaleg ke KPU, PNI Marhaenisme hanya menyerahkan tiga calegnya. Dia sempat mengakui, karena ada masalah internal berupa perpecahan kepengurusan. Sehingga, waktu itu sebenarnya caleg ada 34 orang. Tapi perlahan-lahan, terus berkurang hingga akhirnya hanya ada tiga caleg yang didaftarkan.
”Namun, dengan adanya waktu perbaikan ini, dirasa tidak perlu melakukan perubahan nomor urut. Kalaupun ada tambahan caleg, maka akan ditempatkan dibawah urutan caleg yang sudah ditetapkan sejak awal,” katanya.
Oleh Wulan Weningrestri

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: