Pemimpin Feodal Rentan Perpecahan

oleh aje pada 16-09-2008
http://harianjoglosemar.com/index.php?option=com_content&task=view&id=24575&Itemid=1

JOGJA (Joglosemar): Pengamat politik dari UGM mengatakan, watak feodal dalam diri seorang pemimpin parpol menyebabkan rentan terjadi perpecahan dalam tubuh parpol terutama untuk parpol baru. Maka dari itu, komunikasi politik dari sebuah parpol muda yang kuat mestinya perlu ditingkatkan.
Demikian diungkapkan pengamat politik, Ari Sujito dalam acara Orientasi DPD dan Caleg DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Gerindra DIY, Sabtu petang (15/9) di Jogja.

Ditegaskannya, beberapa masalah yang sering menghinggapi parpol terutama untuk parpol tergolong muda, di antaranya adalah terancam bayang-bayang perpecahan. Kader terhinggapi kultur malas, berkembangnya budaya berkelompok atau gang dalam diri parpol, sabotase kesepakatan dan keputusan yang disebabkan oleh longgarnya ikatan antar kader serta membesarkan hal yang bersifat sepele serta mengabaikan agenda parpol yang utama.

Dari rentetan permasalahan ini menimbulkan pudarnya kepercayaan masyarakat akan parpol ini yang mengakibatkan masyarakat menjadi enggan untuk mendukung dan memilih sehingga rentan parpol tersebut mengalami kekalahan.

Guna mengatasi hal ini, perlunya dibangun serta dilakukan pembenahan komunikasi politik di antaranya adalah pendidikan politik bagi kader dalam upaya peningkatan ideologi dilakukan secara bertahap dan sistematik, menghindari untuk mencetak kader instan.

Orientasi caleg Gerindra DIY diikuti tujuh Caleg DPR RI, 25 caleg DPRD Prov, dan 130 Caleg DPRD Kabupaten/Kota. Hadir kesempatan itu Sekjen DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani, Korwil DIY, Ahmad Subagyo. (aje)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: