Mencontreng Itu Hak

Drs. A.F. Djunaidi, M.Ag., Wakil Dekan FIAI Universitas Islam Indonesia
Yogyakarta, 19 Januari 2009

djunaidi
Bulan-bulan terakhir ini, sewaktu kampanye non-tatap muka tengah berjalan, beberapa caleg menemui saya. Niatannya kurang-lebih sama: Mencari warga yang mempunyai hak-pilih. Dan tanpa penelitian yang lama, kelompok-kelompok pengajian (majlis ta’lim) yang tersebar di Jogja merupakan potensi suara pemilih yang sangat diperhitungkn. Kesimpulan awal saya, ternyata banyak caleg yang tidak mempunyai konstituen.

Akibatnya, banyak yang “meminjam” kelompok-kelompok pengajian tersebut. Jadi, itulah sulitnya caleg yang tidak populer, sehingga mengeluarkan banyak biaya. Program dan kegiatan membawa konsekuensi pembiayaan berkampanye yang berlebih. Apalagi semenjak keputusan MA, yang menetapkan jadi-tidaknya caleg berdasar suara terbanyak.

Itulah politikus kita, jika hilang poli-nya tinggal tikus-nya.

Kelompok pengajian seyogyanya “netral,” dalam arti tidak selayaknya saling memanfaatkan untuk kepentingan sesaat. Dalam beberapanhal, caleg butuh suara dan sebaliknya pengelola kelompok pengajian berlomba-lomba mengajukan proposal yang dibutuh-butuhkan. Yang krusial adalah seberapa jauh pengelolanya bisa menahan syahwat politik. Jika tidak, kita berkewajiban untuk mengelola logika perkembangan umat. Ada proses belajar sosial yang niscaya terjaga, di antara tuduhan betapa umat hanya menjadi objek dan bukannya subjek yang bertanggung jawab.

Pengelola kelompok pengajian teta[ berkewajiban bahwa jamaah mengikuti pemilu. Tausiyah untuk mendorong jamaah menggunakan hak pilih merupakan pilihan yang kuat, bahkan terhadap jamaah yang golput sekalipun. Mencontreng itu hak, sebagai perwujudan peran serta jamaah ata warga negara. Dengan demikian, politik yang baik harus didasari agama, sehingga nilai dan norma tetap menjadi dasar berpolitik.

Imam Samroni

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: