Golput, Haram atau Tidak? Tunggu Fatwa Ijtima Ulama

M. Rizal Maslan – detikPemilu
Rabu, 21/01/2009 18:43 WIB
http://pemilu.detiknews.com/read/2009/01/21/184354/1072425/700/golput-haram-atau-tidak-tunggu-fatwa-ijtima-ulama

golput
Jakarta – Golput, mungkin menjadi momok yang mengkhawatirkan parpol peserta pemilu. Masyarakat pun di Pemilu 2009 diramalkan akan meningkat. Bahkan ada kalangan yang meminta agar MUI mengeluarkan fatwa haram golput.

Menanggapi perkembangan situasi kekinian itulah Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga akan membahas persoalan golput dalam Pemilu dan Pilkada di forum Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia III di Padang Panjang, Sumatera Barat, pada tanggal 23-26 Januari 2009 mendatang. Akankan MUI mengeluarkan fatwa haram atau tidak? Tentunya ini menjadi perdebatan seru dalam forum yang akan dihadiri sekitar 700 ulama itu.

Menurut Ketua MUI Pusat KH Ma’ruf Amin, pemilihan wakil rakyat di DPR dan pemilihan presiden merupakan satu rangkai yang tidak bisa dipisahkan. “Kalau rancangan (fatwa) kita satukan, karena wakil rakyat itu memilih wakil rakyat yang akan memperjuangkan aspirasi di DPR. Tinggal masalahnya, apakah kita akan lihat apakah parpol mampu bawa suara rakyat atau tidak,” katanya dalam jumpa pers di kantornya Jl Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (21/1/2009).

Sementara pemilihan presiden, lanjut Ma’ruf Amin, adalah memilih pemimpin yang dalam terminologi ketatanegaraan Islam disebut Nasbun Imam, satu kesatuan. Semuanya dibahas secara komprehensif dengan melihat tiga hal, yaitu apakah pemilu sendiri merupakan agenda nasional yang harus didukung, masalah pemilihan presidennya dan peran parpol.

“Ini semua kita lihat, lalu kita jatuhkan hukumnya,” jelasya.

Sementara itu, Sekretaris Umum MUI Pusat, Ikhwan Syam mengatakan, dalam kasus golput yang menjadi pertanyaan apakah DPR itu hanya untuk memilih caleg. Ada yang usulkan adanya DPR sebagai syarat adanya pemerintah, maka DPR perlu pemilihan anggota legislatif.

“Ini penting sebagai bagian dari natbul imam. Ibaratnya, kalau orang mau salat, ya orang perlu wudhu. Maka, salat dan wudhu itu dua hal yang tidak bisa dipisahkan,” tandasnya. ( zal / gah )

Sumber foto:

“>golputih.files.wordpress.com/…/golput-copy.jpg

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: