15 LSM Akan Rilis Daftar Caleg “Baik”

Minggu, 8 Februari 2009 – 01:24 wib
Agusta Hidayatullah – Okezone
Pemilu – pemilihan legislatif

caleg

http://pemilu.okezone.com/read/2009/02/08/267/190509/15-lsm-akan-rilis-daftar-caleg-baik

LAMPUNG – Tidak ingin dianggap menyebarkan sikap skeptis masyarakat terhadap Pemilu 2009. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) bersama 14 lembaga swadaya masyarakat (LSM) nasional akan merilis daftar calon legislatif (caleg) yang berpotensi baik.

Daftar caleg yang akan dirilis pada pertengahan Februari ini, akan memberikan panduan pilihan kepada masyarakat pada Pemilihan Legislatif tanggal 9 April mendatang. Daftar nanti akan didampingi dengan daftar caleg yang masuk kategori dalam “politisi busuk”.

Selain Kontras, 15 LSM yang bergabung dan menamakan diri “Dewan Perubahan Nasional” ini, di antaranya adalah Indonesian Corruption Watch (ICW), Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI), dan Urban Poor Consorsium (UPC).

“Ada sekira 2.000 nama yang kami masukkan dalam daftar politisi busuk. Sementara untuk caleg berpotensi baik, ada sekira 1.000 nama. Ini dari 4.000 nama caleg DPR-RI yang berhasil kami data pada Pemilu 2009 mendatang,” kata aktivis Kontras Kris Biantoro, di Sekretariat AJI Bandarlampung, Sabtu (7/2/2009).

Menurut Kris, daftar nama calon politisi berpotensi baik ini terbagi menjadi 2 bagian. Pertama, yang sekarang sudah menjabat sebagai anggota DPR-RI dan mencalonkan diri kembali sebagai anggota DPR 2009-2014. Kedua, orang yang baru mencalonkan diri sebagai caleg DPR-RI 2009-2014. “Untuk golongan yang kedua, kami melakukan kuisioner dari berbagai partai besar dan partai kecil,” terang Kris.

Namun, kata Kris, untuk kuisioner dan tracking caleg baru, DPN tidak melakukan tracking di Partai Gerindra dan Partai Hanura. “Karena ketua umum kedua partai ini terindikasi bermasalah dengan HAM,” kata Kris.

Ada beberapa kategori dan kriteria untuk caleg berpotensi baik versi DPN, diantaranya memiliki perspektif HAM yang baik, tidak pernah melakukan pelanggaran HAM dan mendukung upaya pengusutan pelanggaran HAM. Atas dasar itulah DPN tidak melakukan tracking dikedua partai ini. Selain ketua umumnya terindikasi terlibat kasus pelanggaran HAM, kedua partai ini juga mengakomodasi orang-orang yang terlibat pelanggaran HAM.

“Di Gerindra ada Muhdi PR. Sementara di Hanura ada beberapa nama mantan petinggi TNI yang terlibat kasus terlibat kasus penembakan mahasiswa Trisakti dan Semanggi,” tambah Kris.

Sementara untuk daftar politisi baik yang saat ini masih menjabat sebagai anggota DPR-RI DPN mencatat nama-nama di fraksi PDI-P, PKB, PAN, dan PDS di Komisi III, dan fraksi PDIP, PKS, PKB di Komisi I.

“Mereka komit dengan penegakan pengusutan kasus HAM dan reformasi kelembaan idang Intelegen dan TNI,” kata Kris.

Menurut Kris, daftar caleg berpotensi baik ini akan dirilis

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: