Pemerintah Belum Bisa Prediksi Angka Golput Pemilu 2009

Bagus Kurniawan – detikPemilu
Sabtu, 14/02/2009 14:09 WIB

golput31

http://pemilu.detiknews.com/read/2009/02/14/140903/1084875/700/pemerintah-belum-bisa-prediksi-angka-golput-pemilu-2009

Jakarta – Hingga menjelang pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) 9 April 2009 nanti, sampai saat ini pemerintah tidak bisa memprediksikan jumlah angka golput. Namun pemerintah berupaya agar pemilu setiap 5 tahun sekali berlangsung sukses.

“Kita nggak punya perkiraan, kalau perkiraan begitu kita nggak punya. Itu kan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga yang melakukan survei itu. Kalau pemerintah tidak ada,” ungkap Ditjen Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, Depkominfo, Subagyo M.S. kepada wartawan seusai acara sosialisasi pemilu 2009 di Hotel Saphir Jl Laksda Adi Sucipto Yogyakarta, sabtu (14/2/2009).

Namun dia mengaku bila ada beberapa wacana yang muncul akhir-akhir ini yang memperkirakan angka golput akan bertambah banyak. Menurutnya, prediksi tersebut belum tentu benar bila angka golput akan bertambah. Apabila ada seseorang yang tidak menggunakan hak pilihnya memang haknya setiap orang.

Namun sebagai warga negara yang baik demi kepentingan bangsa dan negara untuk 5 tahun mendatang, kesempatan untuk memilih calon-calon pemimpin yang berkualitas ada pada pemilu 2009 nanti.

“Kami mengimbau agar semua warga negara menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan bijak. Suksesnya pemilu adalah tanggung jawab kita bersama, keterlibatan semua pihak sangat penting untuk keberhasilan pemilu 2009. Depkominfo memfasilitasi untuk melakukan sosialisasi pemilu 2009,” kata Subagyo.

Dia menambahkan dalam pemilu nanti terdapat perubahan cara memilih dari mencoblos menjadi memberikan tanda contreng atau centang pada tanda gambar ataupun nomor urut caleg.

“Pemerintah berupaya terus melakukan sosialisasi agar rakyat mengetahui tata caranya dengan menandai satu kali mencentang. Sebab bila suara tidak sah besar jumlahnya akan banyak merugikan,” ungkap dia.

Dia juga menyatakan menolak bila dikatakan pemerintah tidak akan ambil pusing mengenai golput. Dia menegaskan pemilu 5 tahun sekali itu adalah saat yang paling strategis, penting dan bermakna bagi kemajuan bangsa dan negara. Warga negara juga mempunyai hak untuk memilih.

“Silakan memilih untuk bangsa dan negara ke depan yang lebih baik. Bagaimana memilih secara cerdas, sehingga nanti mendapatkan pemimpin yang berkualitas untuk bangsa Indonesia yang lebih maju,” pungkas dia. ( bgs / gah )

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

One response to “Pemerintah Belum Bisa Prediksi Angka Golput Pemilu 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: