pidato politik; Partai Gerindra Semakin Percaya Diri

Minggu, 8 Februari 2009 | 01:30 WIB

prabowo32

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/02/08/01304854/partai.gerindra.semakin.percaya.diri

Jakarta, Kompas – Memasuki usia setahun, partai politik Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra kian percaya diri. Hal itu tampak dari pidato politik calon presiden dari Partai Gerindra, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto. Ia mengkritik habis- habisan hampir seluruh kebijakan pemerintahan di masa lalu.

Pidato politik itu dibacakan Prabowo dalam acara peringatan hari lahir pertama Partai Gerindra, Jumat (7/2) malam di Balai Sarbini, Jakarta. Seperti juga parpol dan kandidat calon presiden/calon wakil presiden lain, Prabowo menawarkan diri dan partainya akan membuat perubahan jika terpilih.

Hadir dalam acara itu, antara lain, Ketua Umum Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Moerdiono, yang juga mantan Menteri Sekretaris Negara masa pemerintahan mantan Presiden Soeharto, Ketua Fraksi PDI-P Tjahjo Kumolo, Wakil Ketua MPR AM Fatwa, dan Yenny Wahid mewakili mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid.

”Indonesia telah terjebak dalam perangkap pertumbuhan rendah dan utang. Dengan sistem ekonomi, pengelola negara, dan ahli ekonomi sekarang, Indonesia bakal jadi kacung tanpa harkat dan martabat di antara bangsa- bangsa lain,” ujar Prabowo.

Atas nama Partai Gerindra, Prabowo menegaskan, Indonesia sekarang tengah berada pada jalur yang salah. Dengan kekayaan alam berlimpah, kenyataannya masih banyak orang miskin, menganggur atau kehilangan pekerjaan, dan tidak mampu membeli kebutuhan pokok.

Ironisnya, tambah Prabowo, masih ada yang mengatakan perekonomian Indonesia sudah berada di jalur yang benar dan angka kemiskinan semakin menurun.

Prabowo juga mengkritik kebijakan pemerintahan lalu, yang menjual satu per satu aset negara dan badan usaha milik negara yang berharga ke tangan asing, sementara pemerintah terus berutang ke lembaga-lembaga donor asing setiap terjadi gejolak.

Prabowo juga mengkritik berbagai lembaga survei yang selalu menyebut perolehan suara partainya tidak lebih dari 4 persen. Dia mengingatkan para ”tukang survei” itu agar tidak menjual diri dan menipu bangsa sendiri.

Mengkritik itu gampang

Dihubungi terpisah, peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ikrar Nusa Bhakti, menilai positif berbagai kritik sekaligus tekad Prabowo bersama partainya untuk mewujudkan perubahan dan perbaikan bagi nasib bangsa ke depan.

Namun, Ikrar mengingatkan, kelemahan yang selalu ada dan terus ditunjukkan, baik parpol baru dan lama maupun politisi, adalah ketidakmampuan memerinci cara mereka mewujudkan secara konkret semua solusi saat terpilih nanti.

Menurut Ikrar, bagus juga jika sekarang Prabowo bisa merinci dan memaparkan secara konkret bagaimana dia akan mengubah seluruh kebijakan yang dianggapnya salah tadi. Jika tidak bisa, Prabowo tidak beda dengan parpol atau politisi lain yang selama ini hanya bisa gembar gembor.

”Sangat menarik kalau Prabowo bisa paparkan tahapan yang akan dia lakukan, misalnya, untuk memaksa PT Freeport mengolah bahan mentah mineral yang ditambangnya cukup di Indonesia saja. Atau tahap-tahap apa saja yang akan dia lakukan untuk membeli kembali seluruh aset nasional yang telah terjual ke tangan asing,” ujar Ikrar.

Peneliti senior CSIS, J Kristiadi, menyatakan, sekarang ini semua orang menjadi ahli berpidato. Apa yang diumbar pun akan dengan mudah, ibaratnya, ”masuk telinga kiri lalu keluar telinga kanan”. Kalau cuma mengkritik, semua orang bisa.

”Kalau mau konkret, coba tunjukkan cara dia dan parpolnya akan ’menjinakkan’ legislatif sehingga dapat menjalankan seluruh kebijakan yang dia buat,” ujar Kristiadi. (DWA)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

One response to “pidato politik; Partai Gerindra Semakin Percaya Diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: