Prabowo: IMF Alat Politik


Warta Gerindra. Adv – detikPemilu
Sabtu, 14/02/2009 12:34 WIB

prabowo41

http://pemilu.detiknews.com/read/2009/02/14/123435/1084855/727/prabowo-imf-alat-politik

Jakarta – Prabowo Subianto menilai negara-negara yang selama ini ikut IMF, ekonominya semakin parah. Sementara yang tidak ikut IMF, seperti India dan Malaysia, justru selamat.

“Semua negara yang ikut IMF ekonominya tambah parah. Terjadi ketergantungan,” katanya saat presentasi di depan perwakilan BEM se-Indonesia, di Kampus Unpad Bandung, Rabu (11/2/2009) lalu.

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu menilai, IMF adalah alat politik dari suatu negara. Uang dipakai untuk mempengaruhi politik. Sementara yang punya suara paling kuat di IMF atau Bank Dunia adalah Amerika Serikat.

“Setelah tahun 1998, banyak pemimpin Amerika yang menulis buku dan memberikan wawancara, serta mengakui mereka memakai IMF untuk perubahan rezim di suatu negara,” kata Prabowo.

Ketika krisis ekonomi melanda Asia tahun 1997, pemerintah Indonesia meminta bantuan IMF. Salah satu resep kebijakan IMF adalah menutup 16 bank. Itu membuat masyarakat panik.

Selanjutnya, kata Prabowo, pemerintah mengucurkan dana triliunan rupiah untuk memperbaiki kecukupan modal pada bank bermasalah melalui obligasi rekap. Akibatnya pemerintah hingga kini berkewajiban membayar bunga dari obligasi itu sebesar Rp 430 triliun.

“Para elit Indonesia selalu mengekor Barat. Apa yang dilakukan Barat selalu dianggap benar, tanpa menyesuaikan dengan kondisi bangsa sendiri. Ternyata keliru. Repotnya mereka tidak mau mengakui kekliruan itu,” tandasnya. ( adv / adv )

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.