Dan Jogja Pun Kehabisan Kata-Kata

18 Maret 2009

Kalender menghitung bulan demi bulan, menandakan agenda pendampingan warga. Lembaran yang baru sudah menggantikan bulan sebelumnya, di mana waktu bergerak ke belakang dan 9 April 2009 kian dekat.

pict1800
Ada coretan yang mengingatkan: Kemarin bersama perajin ember seng di Sekarsuli, Berbah, Sleman. Seminggu sebelumnya berdiam diri dalam tarian nila di karamba Jombor Lor, Mlati. Lusa mbak Parti mengingatkan pertemuan warga di Gadung, Bangunkerto. Besok pagi, Fakih akan meluangkan waktu dan berbagi impian tentang masadepan masjid sebagai rumah Allah, ilmu, dan harta di Ngijon. Di Prambanan, sebulan yang lalu, kang Tono dan kelompoknya berujar tentang desa bahasa yang siap menerima wisatawan mancanegara. Di warung burjo Karangmalang, Ucup berterima kasih atas poster kampanye “Cinta Dalam Semangkuk Burjo” saat peringatan hari gizi, 25 Januari 2009 yang lalu.


pict1861
Kalender menghitung bulan Maret 2009. Tiga hari yang lalu ada kabar dari pergerakan, belum ada kepastian tentang rapat umum sebagai puncak-puncak berkampanye. Gerindra butuh serangan dari darat setelah serangan udara semakin luar biasa, kata Nur Kholik Ridwan, suatu siang di kampus UII, Demangan. Tidak perlu konsentrasi massa di suatu tempat sebab Gerindra lebih butuh perkuatan agenda warga, ujar saya suatu petang di Sawitsari, Condong Catur. Kita butuh skema pembiayaan yang layak diaudit dengan standar internasional, bantah saya dalam perbincangan di Garongan, Wonokerto.

Sehabis Subuh, tadi, saya berserah diri. Kuasa Paduka yang menyelamatkan kami, bukan yang lain, apapun dan siapapun itu. Dengan keterbatasan akses, minimnya info, ketidakjelasan gugus kendali, saya bergabung dengan penjemput rombongan Pak Prabowo, di bandara mBaduk, Adisucipto. Honor tiga kolom Merapi terlalu singkat untuk sibuknya hp. (Ah, sayang info riset dari Menristek diundur).

Di mobil, dalam perjalanan menuju Alon-Alon, mas Agus Utantoro dan mas Wahyu berkirim SMS, tim MetroTV sudah siap 100 % untuk live kampanye Gerindra. Teman-teman reporter berkabar tentang suasana Jogja yang tengah berkampanye. Dan Cak Udin mengingatkan batas-batas yang membedakan kuasa nalar, ikhtiar, dan kabar dari langit. Bergerian banget. Di Alon-Alon, saya teringat kembali lapisan-lapisan yang pernah menuliskan biografi. Bertemu dengan teman-teman, berkenalan dengan pribadi yang beragam, menemui sahabat baru dari Pacitan. Beberapa kawan mengacungkan jempol ketika saya tengah mengambil gambar caleg DPR RI di atas panggung. O-oh, baterai mau habis.
pict1869
Dalam rentangan jarak hati, saya berkirim al-Fatihah. Kehendak-Mu nikmat sekali, Paduka; seru seorang fakir Sikh. Hilir-mudik mas Heri Winarto dan jeda singkat yang meledakkan adrenalin: SMS berkabar tentang pergerakan simpatisan yang tengah memasuki Alon-Alon. Alhamdulillah. Dan Jogja pun kehabisan kata-kata. Kampanye pertama Partai Gerindra Propinsi DIY, Zone 1 (Yogyakarta, Bantul, Sleman), di Alon-Alon Utara Yogyakarta, Rabu Kliwon, 18 Maret 2009, seakan-akan baru dimulai.

Di bawah panggung belakang, saya bersyukur. Saya melupakan bahwa sebentar lagi akan terdengar klaim dan permakluman tentang jalannya kampanye. SMS barusan masuk: Eins, Zwei, Drei, Vier, und Fuenf (5), …. Tangan Terkepal dan Maju ke Muka.

Posisi laptop yang tak terhubung internet tak surutkan niat untuk berkabar, betapa gerak Gerindra adalah sebagian dari skenario Paduka. Amin.

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: