Pemilu Damai untuk Indonesia

Pers Release
Pemilu Damai untuk Indonesia

Agus Indarto

Pemilu merupakan tahapan menentukan masa depan bangsa menuju demokrasi yang diharapkan bisa berkualitas, berbudaya, dan bisa menciptakan keadilan dalam masyarakat. Harapan itu akan terwujud bila pemilu terlaksana dalam suasana aman, damai, suara rakyat benar-benar suara dari nuraninya, bebas gontok-gontokan, dan bebas dari ancaman segala anasir yang mengganggu ketentraman dan kenyamanan.

Pemilu 2009, sebagai matarantai ”partisipasi masyarakat” dalam demokrasi perwakilan sebagaimana yang dianut di Indonesia, ternyata memang masih melibatkan massa dalam bentuk “mobilisasi massa politik”; munculnya kritikan terhadap validasi DPT yang bertubi-tubi; munculnya caleg-laceg yang tidak dikenal perjuangannya terhadap rakyat; munculnya persaingan antarcaleg dalam partai; ongkos finasial yang begitu besar; dan masih banyak lagi. Ini semua menjadi pertaruhan, pemilu 2009 akan menjadi aman, bisa berfungsi menyeleksi wakil-wakil rakyat yang berkualitas, pro-rakyat, dan pro-keadilan, ataukah sebaliknya.

Di tengah berbagai kelemahan yang ada, sampai tahapan akhir menuju pencontrengan, terlihat memang sudah aman dan damai, dan itu, minimal melegakan. Hanya saja, banyaknya indikasi pelanggaran yang ada, dan kisruh DPT di beberapa tempat, persaingan antarcaleg di satu partai dan penyelesaian penghitungan di internal mereka pasca pencontrengan, dan lain-lain, menunjukkan masih belum adanya jaminan pasti bahwa pasca pemilu nanti akan berakhir dengan damai, meskipun pencoblosan sudah dilakukan misalnya.

Kekhawatiran muncul di kalangan publik justru masa pasca pencontrengan tanggal 9 April. Artinya, iklim kondusif yang aman dan damai sebagaimana tercipta dalam tahapan-tahapan Pemilu sebelum pencontrengan, bisa tidak terjadi bila hal ini tidak diperjuangkan dengan semaksimal mungkin pasca pencontrengan.

Atas dasar itu, Aji-DAMAI (Aliansi Jogja untuk Indonesia Damai) mengajak, dan menyerukan kepada semua pihak, baik institusi negara, masyarakat, NGO, dunia akademik, dan lain-lain agar bahu-membahu, dan terus bekerjasama untuk:

  1. Menjaga iklim persaudaraan dan perdamaian tanpa batas demi tegaknya demokrasi negeri ini secara aman, damai, LUBER dan JURDIL, berkualitas, berbudaya, dan agar pemilu bisa menciptakan wakil-wakil yang pro rakyat.
  2. Tetap menjadikan Yogyakarta sebagai kota pelajar, kebudayaan, The City of Tolerance, dan miniatur Indonesia, menjadi contoh terciptanya Pemilu 2009 yang aman, damai, berkualitas, berbudaya, dan bisa menciptakan wakil yang pro-rakyat.
  3. Kepada pemilih, salurkanlah pada hari H pencontrengan untuk memilih wakil rakyat yang dikenal memperjuangkan rakyat dan jangan mau diadu domba pasca pencontrengan, karena kalau itu terjadi, yang menjadi korban pasti hanyalah rakyat kecil.
  4. Kepada mereka yang terlibat dalam proses pemilu: rakyat, partai, KPU, Panwas, dan lain-lain, bila memiliki perbedaan dalam persepsi tentang hasil-hasil pemilu, persepsi tentang tindak kriminal dalam pemilu, dan segala yang berhubungan, agar menyelesaikan (dan diselesaikan) sesuai dengan hukum yang berlaku, dan hasilnya perlu dihormati semua pihak.

Dengan memilih wakil yang pro-rakyat di Pemilu dan damai pada saat pemilu dan sesudahnya, kita ciptakan damai dan keadilan dari Jogja untuk Indonesia.

Yogyakarta, 8 April 2009

Aliansi Jogja untuk Indonesia Damai (Aji-DAMAI)

Anggota yang tergabung dalam Aji-DAMAI:
LKiS, PSI UII, Dian Interfidei, Jarik, LSiP, Rumpun Nusantara, Syarikat Indonesia, Cemara Institute, Circle Indonesia, FKGA se-DIY, IDEA Jogja, IHAP, IPPAK USD, Komunitas Warna Kampus UGM, Kohati DIY, KKY, Mudika Kevikepan DIY, KPI, LAY, LBH DIY, LSPPA, PADII, Parkindo, SIM-C, PSB, PLIP Mitra Wacana, Perguruan Rakyat Merdeka, PMII Cab. DIY, PMKRI Cab. Yogykarta, GMKI Cab. Yogyakarta, PSB, Pusham UII, Pondok Pesantren Guna Mrica, RTND, Sema Ushuluddin UIN, SHEEP Indonesia, USC Satu Nama, Walhi DIY, Yasanti, YPR, Kinasih, Sos-Desa Taruna, SP Kinasih, Suluh Perdamaian, dan lain-lain.

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: