Golkar Akui Suaranya Tersedot ke Gerindra dan Hanura

Sabtu, 11 April 2009 | 18:14 WIB
Laporan wartawan KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary

kompas-on1

http://nasional.kompas.com/read/xml/2009/04/11/18140584/golkar.akui.suaranya.tersedot.ke.gerindra.dan.hanura

JAKARTA, KOMPAS.com — Penurunan drastis perolehan suara Partai Golkar pada Pemilu 2009 memunculkan pertanyaan, ke mana larinya suara pemilih loyal Golkar?

Pada tahun 2004, Golkar menjadi jawara dengan perolehan 21 persen suara. Kini, merujuk pada hasil penghitungan cepat sejumlah lembaga survei, perolehan Golkar hanya berputar di kisaran 14 persen.

Dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (11/4), Wakil Sekjen Partai Golkar Rully Ch Azwar mengatakan, besar kemungkinan suara Golkar tersedot ke Gerindra dan Hanura. Seperti diketahui dua tokoh Golkar, Prabowo Subianto dan Wiranto, merupakan pimpinan di kedua partai itu.

“Dua tokoh Golkar, Prabowo dan Wiranto kan sekarang ada di Gerindra dan Hanura. Suara Golkar mungkin dibawa ke Gerindra dan Hanura, sekitar 5 persen,” kata Rully.

Jika dijumlah dengan suara yang tersedot ke dua partai itu, menurut Rully, perolehan Golkar tak jauh berbeda dengan Pemilu 2004. Faktor lain tergerusnya suara Golkar diakuinya juga disebabkan asosiasi publik atas keberhasilan pemerintah selalu dilayangkan kepada Presiden.

Dengan demikian, Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla, yang menjadi wakil presiden, tak terlalu mendapatkan pengaruh pada peningkatan suara Golkar. “Apa pun, kalau yang namanya pemerintah, selalu mengarah ke orang nomor satu (presiden) adalah cakar utamanya. Masyarakat kan menilainya begitu,” kata Rully.

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: