Melongok TI Pemilu (4); Waktu Mepet, Tim TI KPU Kerja ‘Berdarah-darah’

Shohib Masykur – detikPemilu
Sabtu, 04/04/2009 09:08 WIB

detikpemilu

http://pemilu.detiknews.com/read/2009/04/04/090822/1110022/700/waktu-mepet-tim-ti-kpu-kerja-berdarah-darah

Jakarta – Tabulasi elektronik Pemilu 2009 siap dioperasikan. Tim teknologi informasi (TI) KPU dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) harus bekerja ekstra keras untuk merampungkan pekerjaan tersebut dalam waktu singkat.

“Waktu kami sangat pendek, dan kami harus menyiapkan seluruh jaringan di semua kabupaten dan provinsi,” ujar Ketua Tim Teknis TI KPU dari BPPT Husni Fahmi saat dihubungi detikcom, Jumat (3/4/2009) malam.

Menurut Husni, permintaan bantuan dari KPU ke BPPT baru masuk pada tanggal 27 Januari 2009. Tanggal 11 Februari, BPPT menyatakan diri bersedia membantu KPU menyiapkan perangkat sistem TI untuk tabulasi nasional penayangan hasil perolehan suara melalui internet.

Tanggal 19 Februari, BPPT secara informal membentuk tim pendamping teknis KPU. Tanggal 12 Maret, MoU antara KPU dengan BPPT diteken. “Praktis waktu kami kurang dari 1 bulan,” tutur Husni.

Dalam tempo sesingkat itu, Husni yang dibekali ‘pasukan’ sebanyak 25 orang dari BPPT mesti menyiapkan segala sesuatu terkait tabulasi nasional pemilu tersebut. Padahal idealnya, menurut Husni, dibutuhkan waktu lebih lama untuk menyiapkan hajatan sebesar itu.

“Setidaknya 6 bulan sampai 1 tahunlah,” ucapnya.

Tentu saja Husni beserta timnya dibuat cukup repot. Mereka harus ‘berdarah-darah’ untuk menyelesaikan pekerjaan yang telah dibebankan ke pundak mereka.

“Teman-teman bekerja 24 jam. Selalu ada yang standby. Sabtu dan Minggu mereka masuk,” akunya.

Bagi Husni pribadi, yang dilakukannya adalah bagian dari sumbangsih dia untuk kepentingan orang banyak. Sedangkan bagi BPPT, yang dilakukan timnya adalah wujud komitmen dari sebuah lembaga negara untuk turut serta menyukseskan Pemilu 2009.

“Karena itu mohon bantuannya. Doakan semoga semua berjalan lancar. Kami berusaha semaksimal mungkin,” pintanya tulus.

( sho / rdf )

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: