Boediono Bukan Penganut Neoliberalisme

Elvan Dany Sutrisno – detikFinance
Jumat, 15/05/2009 11:17 WIB

neoliberalism

http://www.detikfinance.com/read/2009/05/15/111207/1131896/4/boediono-bukan-penganut-neoliberalisme

Jakarta – Banyak kalangan yang menuding Boediono sebagai pengangut neoliberalisme. Tapi jika ditelusuri dari berbagai kebijakan dimana Boediono ikut memutuskan, cawapres SBY ini jelas-jelas bukan penganut neoliberalisme.

Demikian disampaikan ekonom Chatib Basri yang ikut dalam rombongan Boediono ke Bandung, di atas kereta Parahyangan, Jumat (15/5/2009).

Chatib menjelaskan, Boediono sudah malang melintang menangani ekonomi Indonesia di bawah berbagai pemerintahan. Pada saat pemerintahan Megawati, Boediono menjadi Menteri Keuangan dan pada pemerintah SBY kali ini ia menjabat sebagai Menko Perekonomian dan kini Gubernur BI.

“Beliau (Boediono) sangat paham memakai mekanisme fiskal yang perlu dilakukan saat ini. Kalau orang memahami mekanisme fiskal, maka jelas orang itu bukan neoliberal,” katanya.

Ia pun mencontohkan, keterlibatan Boediono dalam berbagai program pemerintah yang pro rakyat seperti PNPM Mandiri dan bantuan langsung tunai (BLT).

“Banyak kebijakan pemerintah saat ini yang Pak Boediono ikut ambil inisiatif. Seperti PNPM Mandiri dan BLT, itu benar-benar tidak mencerminkan ekonomi liberal. Beliau pernah terlibat penanggulangan kemiskinan dan faktanya dia aktif program kesjateraan,” tambahnya.

Lalu, kira-kira kebijakan ekonomi apa yang bakal diambil Boediono dalam 5 tahun ke depan?

“Isu paling besar saat ini adalah isu global. Prioritas utama adalah mengatasi krisis global. Diperlukan kebijakan untuk perlindungan rakyat miskin, oleh karena itu pemerintah harus aktif menguatkan ekonomi. Untuk itu pemerintah harus clean. Langkah jangka pendek paling mudah mengatasi krisis di Indonesia adalah menjaga lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan,” jelasnya.
(lih/ir)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: