Mega Pastikan Terus Dukung Keistimewaan DIY

Kamis, 25 Juni 2009 | 03:28 WIB

kompas cetak

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/06/25/03281392/mega.pastikan.terus.dukung.keistimewaan.diy

Yogyakarta, Kompas – Megawati Soekarnoputri memastikan akan terus memberi dukungan terhadap status Yogyakarta sebagai daerah istimewa.

Pernyataan itu disampaikan Megawati saat berkampanye di Alun-alun Utara, Yogyakarta, Rabu (24/6), yang dihadiri puluhan ribu warga Yogyakarta.

”Saya juga sudah menginstruksikan F-PDIP untuk mendorong agar RUU Keistimewaan DIY diselesaikan segera,” kata Megawati yang disambut tepuk tangan.

Menurut Mega, apabila DPR kali ini tak bisa menyelesaikannya dan dia terpilih sebagai presiden, dirinya pasti terus mendorong kembali.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Pramono Anung menegaskan, Megawati ingin melanjutkan sejarah yang sudah dibangun antara Sultan Hamengku Buwono IX dan Bung Karno. ”Yogyakarta punya andil besar dalam mendirikan republik ini,” ujarnya.

Kontrak politik guru

Sebelum kampanye terbuka, Megawati melakukan kontrak politik dengan Perkumpulan Guru Tidak Tetap dan Pegawai Tidak Tetap Se-DIY. Mereka menuntut dihapuskannya diskriminasi antara guru sekolah negeri dan swasta. Mereka juga menuntut agar guru tidak tetap bisa diangkat menjadi pegawai negeri sipil serta mendapat tunjangan hari tua. ”Selama ini guru swasta itu seperti sapi perah,” kata Ketua Umum Guru Tidak Tetap Se-DIY Sujarno.

Sebelumnya Megawati mengunjungi tempat penjualan buku murah di Jalan Senopati, Yogyakarta. Dia juga sempat berdialog dengan penjual buku yang mengeluhkan semakin sulitnya berjualan buku.

Komunitas Tionghoa

Calon wapres Prabowo Subianto di Surabaya, Jawa Timur, mengatakan, walaupun berbeda etnik, warna kulit, dan ras, semua manusia ingin hidup aman dan sejahtera. Karena itu, tugas pemerintahan suatu negara adalah menggunakan kekayaan alam yang dimiliki negara itu untuk bisa menyejahterakan warganya.

Prabowo mengatakan hal itu dalam dialog dengan seribuan tokoh komunitas Tionghoa Jawa Timur yang menamakan diri Komite Tionghoa Indonesia untuk Pemilu, Rabu. ”Itu (menyejahterakan) perintah pendiri bangsa kita. Karena republik ini milik semua suku, semua agama, semua ras yang mengaku orang Indonesia dan mencari hidup di Indonesia. Bangsa Indonesia saat ini ketinggalan dari bangsa di sekitar kita. Sudah saatnya kita jujur,” kata Prabowo.

Sebelumnya pada Rabu siang, Prabowo berziarah ke makam Sunan Giri di Kabupaten Gresik. Seusai berziarah dan berdoa, Prabowo disambut puluhan tukang ojek yang biasa mangkal di Kompleks Makam Sunan Giri. Para tukang ojek menyatakan siap mendukung pasangan Mega-Pro.

Tim kampanye Mega-Pro menandatangani kontrak politik dengan pedagang pasar tradisional di Kulon Progo, DI Yogyakarta. Kontrak tersebut merupakan bukti keberpihakan pasangan nomor satu ini kepada rakyat kecil.

Penandatanganan kontrak politik berlangsung di Pasar Wates, Kulon Progo. Tim kampanye diwakili Ketua Umum DPP Partai Gerindra Suhadi, sementara pedagang tradisional diwakili Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Wates Suratman.

Terdapat sembilan pernyataan sikap dalam kontrak tersebut, di antaranya, seruan penolakan pembangunan mal dan pusat perbelanjaan modern serta janji penyaluran kredit murah bagi pedagang. ”Kontrak politik ini merupakan janji tim yang harus dipenuhi jika pasangan Mega-Pro menang dalam pemilu presiden nanti,” ujar Suratman. (SUT/INA/ACI/YOP)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

2 responses to “Mega Pastikan Terus Dukung Keistimewaan DIY

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: