Perang Dunia Maya antara Georgy “Cyxymu” Jakhala Melawan Rusia

Suara Profesor Ngeblog Dibungkam oleh Penjahat Cyber Sewaan
Kamis, 13 Agustus 2009

JP

http://jawapos.co.id/

Kritikan Georgy Jakhaia, 34, membuat Pemerintah Negeri Beruang Merah merah padam. Mereka sampai menyewa sindikat penjahat cyber untuk memblokade semua blog yang digunakan Georgy, hingga berdampak pada matinya jejaring sosial terbesar di dunia, yaitu Twitter dan Facebook serta diari online LiveJournal.

”SAYA tidak akan menyerah dan akan terus bersuara melalui blogku,” ujar Georgy lewat sambungan telepon, menanggapi langkah agresif yang diambil Rusia, seperti dilansir Reuters kemarin (12/8).

Profesor ekonomi yang kini mengungsi di Tbilisi, ibu kota Georgia, itu bertekad tidak akan berhenti membuat blog.

Dia bahkan berencana membuat ”rumah di dunia maya” berbahasa Inggris untuk menggalang dukungan sebanyak-banyaknya dari seluruh dunia.

Georgy memang harus mengamankan diri. Pasalnya, dia masuk dalam daftar orang yang dibenci Kremlin gara-gara kritikan pedas yang kerap dilontarkan oleh Georgy ke dalam blognya yang berbahasa Rusia. Salah satunya terkait peperangan Rusia dengan Georgia di Ossetia Selatan.

Untuk mengritik Kremlin, dia menggunakan nama Cyxymu. Diambil dari Sukhumi, ibu kota Abkhazia, tempat asalnya.

Sebelum mengungsi, Georgy pernah harus berhadapan dengan pihak keamanan Rusia. Tuduhannya, dia telah merusak nama baik dan juga kestabilan pemerintahan Rusia melalui tulisan-tulisannya yang beredar bebas di dunia maya. Namun, profesor ekonomi itu tak kapok. Suaranya lewat blog jalan terus.

Melihat kebandelannya, Rusia melihat cara terefektif untuk membungkam adalah mengganggu jaringan microblogging di internet. Tujuannya, supaya Georgy tidak bisa mempostingkan tulisannya atau bahkan sekadar masuk ke dalam blog pribadinya.

Dipakailah distributed denial-of-service (DDOS) sebagai senjata. Program inilah yang diduga menyebabkan matinya tiga jejaring sosial ternama. Sistem yang dapat menyerang jutaan jaringan komputer ini disinyalir digunakan untuk memata-matai sistem komputer beberapa kedutaan besar, dan gedung pemerintahan serta akses individu di seluruh dunia.

Yang bisa melakukan hal itu hanyalah jaringan penjahat cyber yang memang ahli menerobos sistem keamanan komputer.

Aksi ”perusakan” itu terbongkar setelah Facebook dan Twitter mengadakan investigasi Jumat (7/8), selang sehari setelah putusnya jaringan internet mereka selama beberapa jam. Pihak Twitter tidak mau memaparkan dengan jelas siapa di balik aksi tersebut. Namun, langkah agresif Rusia itu sudah lama diperkirakan oleh Georgy.

”Mungkin (hal itu) dilakukan oleh hacker asli. Tetapi saya yakin itu atas permintaan pemerintahan Rusia. Serangan dalam beberapa skala yang bisa mempengaruhi tiga jasa jejaring sosial dengan sejumlah server hanya bisa diorganisir oleh pihak yang memiliki sumber pendapatan besar,” tutur Georgy seperti dikutip the Independent.

”Seperti operasi khusus yang mengorganisasi serangan cyber ke (dalam) situsku,” ujarnya terpisah kepada Reuters.

”(Targetnya) bukan orang lain. Rusia (hanya) tertarik menghancurkan situsku,” jelasnya.

Rik Fergusson, ahli keamanan cyber dari trend Micro menegaskan bahwa DDOS hanya bisa diakses oleh kalangan tertentu.

Bisa pula dengan menyewa sindikat organisasi kriminal yang tentunya membutuhkan dana tak sedikit.

”Serangan bersamaan terhadap sejumlah pihak untuk membungkam suaranya (Georgy). Anda harus bertanya siapa yang akan mendapatkan keuntungan dengan melakukan (serangan) ini dan pikirkan apa yang dilakukan orang-orang itu dan sikap acuhnya hingga para pengguna dan internet tidak bisa beroperasi,” kata Max Kelly, pemimpin keamanan Facebook. (war/ami)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: