Para Pebisnis Negeri Beruang Merah Bikin Program MBA Elite

Bos Kelompok Kriminal hingga Pejabat Kepolisian Jadi Dosen Tamu
Kamis, 01 Oktober 2009

JP

http://jawapos.co.id/

Suap, birokrasi, dan hukum menjadi tiga isu utama yang menghantui perjalanan karir para pebisnis Rusia. Tidak ingin terus-menerus diteror, sejumlah pebisnis papan atas Moskow menciptakan program MBA khusus untuk menyiasati tiga isu tersebut.

PROGRAM itu diperkenalkan di Moscow School of Management Skolkovo. Lewat jalur pendidikan tersebut, diharapkan lahir generasi baru pebisnis Rusia yang tangguh dan siap menghadapi ketidakpastian. Termasuk pasar ekonomi yang tidak luput dari tindakan korup. “Kami bukan ingin mengubah seluruh teladan yang ada sekarang,” ujar Dekan Wilfried Vanhonacker, seperti dilansir Business Week kemarin (30/9).

Vanhonacker menegaskan bahwa tujuan utama program MBA tersebut bukanlah untuk menyaingi Harvard University yang lebih dulu berkecimpung di ilmu ekonomi. “Harus saya katakan bahwa mereka (Harvard) mengajarkan sekolah bisnis kuno kepada para mahasiswa. Itulah sebabnya, sekolah bisnis masa depan harus benar-benar berbeda,” lanjut mantan direktur program PhD pada sekolah bisnis elite Prancis, INSEAD.

Menurut dia, model pengajaran ekonomi di sekolah-sekolah bisnis saat ini tidak mencetak tenaga siap pakai. Karena itu, para lulusan sekolah bisnis tidak bisa langsung dilepas ke pasar begitu menamatkan studi. Padahal, perekonomian dunia memberikan kesempatan yang paling luas kepada generasi muda untuk berkarya dan berprestasi. “Sejauh pengamatan kami, sampai sekarang belum ada sekolah bisnis yang serius menggarap bakat semacam itu,” ungkapnya.

Sebenarnya, pembangunan gedung futuristis kampus bisnis di pinggiran Kota Moskow tersebut belum rampung. Proyek yang menelan biaya sekitar USD 250 juta (sekitar Rp 2,4 triliun) itu masih terus berjalan hingga kemarin (30/9). Meski demikian, kampus bisnis tersebut sudah memberlakukan full-time studi mulai bulan ini. Untuk sementara, program MBA yang dikreditkan selama 16 bulan berlangsung di hotel bintang lima Baltschug Kempinski di dekat Kremlin.

Selain program MBA, Skolkovo mengajarkan teori ilmu manajemen. Untuk menjadikan teori tersebut lebih mudah dimengerti, kampus sengaja mengundang sejumlah pebisnis sebagai narasumber. Dengan demikian, mahasiswa bisa belajar tentang teori sekaligus aplikasinya dalam dunia nyata. Sementara itu, dalam paket program magang di perusahaan-perusahaan besar, Skolkovo menyelipkan agenda pemecahan masalah bagi para mahasiswa.

“Ini adalah program belajar sambil praktik. Bukan belajar sambil akting atau bermain,” tegas Serge Hayward, direktur program MBA Skolkovo. Karena itu, setelah tiga bulan mempelajari teori ilmu manajemen lewat tatap muka di kelas, para mahasiswa dikirim ke instansi pemerintah atau perusahaan besar. Bukan hanya lembaga pemerintah atau perusahaan yang ada di Rusia, melainkan juga di Tiongkok, India, atau Amerika Serikat (AS).

Untuk memperluas wawasan bisnis mahasiswa, Hayward berencana mengundang tokoh-tokoh publik sebagai pembicara dalam seminar atau mata kuliah bisnis. Mereka yang bakal segera dilobi adalah pejabat-pejabat penting kepolisian, petinggi perusahaan penyedia jasa keamanan, bahkan bos organisasi kriminal. Rencananya, mereka diminta memaparkan topik tentang tantangan manajemen.

“Kami lebih memilih menempatkan mereka (mahasiswa) dalam lingkungan nyata yang memengaruhi kinerja mereka ketimbang berbicara panjang lebar tentang lingkungan kepada mereka,” lanjut Hayward. Dengan demikian, Skolkovo menghadirkan kejutan-kejutan dunia kerja dalam rentang studi anak didiknya. (hep/ami)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: