Wartawan KR M Wafiek Meninggal

Kamis, 15 Oktober 2009 17:15:00

wafiek

http://www.krjogja.com/krjogja/news/detail/5591/Wartawan.KR.M.Wafiek.Meninggal.html

YOGYA (KRjogja.com)- Redaktur Pelaksana SKH Kedaulatan Rakyat Drs Muhammad Wafiek (49) meninggal dunia, Rabu (14/10). Wartawan senior kelahiran 25 Januari 1961 spesialis bidang Hankam tersebut meninggal di rumah duka Jalan Letjen S Parman 61 Yogyakarta akibat sakit yang dideritanya sekitar setahun belakangan ini.

M Wafiek meninggalkan seorang isteri Suerlin Setyawati dan dua putra yang masih duduk di bangku sekolah dasar, Mufti Fajri Madani (10) kelas 5 dan Mifta Fajri Madani (8) kelas 2. Jenazah akan dimakamkan Kamis (15/10) pukul 14.00 dari rumah duka Jalan Letjen S Parman 61 Yogyakarta.

M Wafiek mengawali kariernya sebagai wartawan sejak masih menjadi mahasiswa tahun ke – 4 Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) Prodi Bahasa Jawa di Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta (sekarang UNY -red). Adik kandung sineas Boy M Rifai ini merintis profesi jurnalistik di SKM Eksponen mulai tahun 1985 hingga 1993. Jabatan terakhir di Mingguan Eksponen sebagai redaktur pelaksana.

Pada tahun 1994 M Wafiek bergabung ke SKH Kedaulatan Rakyat kendati harus mengawali kariernya mulai dari reporter lapangan lagi untuk meliput bidang Hankam. Pengalaman menjadi wartawan selama 8 tahun, karier di KR langsung melejit jauh meninggalkan teman-teman seangkatannya.

Putra ke 5 pasangan M Afraitum – Siti Bidayahtersebut diakui pandai membangun relasi dan pandai menyusun berita. M Wafiek dikenal sangat dekat dengan petinggi-petinggi ABRI yang bertugas di wilayah DIY, mulai dari Danramil hingga Danrem maupun Dandenpom. Termasuk dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika menjadi Danrem 072 Pamungkas.

Di dalam badannya yang berpawakan kecil hitam manis menyimpan keberanian luar biasa. Ketika KR akan menyalurkan bantuan kepada korban wedus gembel Gunung Merapi yang ditransmigrasikan di Sungai Lilin Palembang, M Wafiek mendapat tugas mengumpulkan informasi keadaan transmigran di tempat barunya di pedalaman Palembang seorang diri. Hasil kerjanya selama satu minggu lebih di lokasi transmigrasi yang jauh dari keramian tersebut dijadikan pedoman untuk menyalurkan bantuan pada tahun 1995 lalu.

Karena prestasinya M Wafiek tak lama kemudian diangkat menjadi staf redaksi. Tahun 2001 sudah menjadi redaktur dan mulai tahun 2004 hingga akhir hayatnya menduduki jabatan Redaktur Pelaksana.

Tugas terakhir sebelum akhirnya jatuh sakit diundang Presiden SBY ke Cikeas Jakarta bersama Drs Widyo Suprayogi yang waktu itu menjabat sebagai Pemred SKM Minggu Pagi tanggal 5 – 7 September 2008. Setelah menurunkan hasil wawancara eklusifnya bersama Presiden SBY, kesehatan M Wafiek terlihat mulai menurun.

Semangat M Wafiek sebagai jurnalis yang begitu membara tetap memaksanya datang ke kantor Redaksi KR Jalan P Mangkubumi kendati dalam keadaan tidak enak badan. Baru setelah fisiknya benar-benar tak mau dipaksa untuk bekerja sejak empat bulan yang lalu, M Wafiek mau mengikuti nasehat dokter dan orang-orang terdekatnya untuk istirahat di rumah dan memusatkan diri untuk mencari kesembuhan.

Berbagai upaya penyembuhan telah dilakukan, baik secara medis maupun pengobatan alternatif. Manusia bisa membuat rencana dan berusaha, namun tetap hanya Allah yang berkuasa untuk menentukan. M Wafiek pun dipanggil mengahdap di sisi-Nya sekitar pukul 15.00 Rabu (14/10) di saat jajaran Redaksi KR Grup khususnya masih berduka atas meninggalnya wartawan KR Redaktur KRJOGJA.COM Ana Karenina pada pagi di hari yang sama. Selamat jalan sobat, semangatmu tetap ada bersama kami dan karena amalmu Allah pun menyediakan tempat yang baik untukmu.(Mdk)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: