Masyarakat Indonesia Belum Maksimalkan Internet

Jumat, 16 Oktober 2009 20:33:00

kompas_white

http://www.krjogja.com/krjogja/news/detail/5739/Masyarakat.Indonesia.Belum.Maksimalkan.Internet.html

YOGYA (KRjogja.com) – Masyarakat Indonesia saat ini lebih banyak disebut sebagai eating society daripada reading society atau masyarakat pembaca. Hal ini disebabkan sebagian besar masyarakat Indonesia belum memanfaatkan internet dengan baik. Demikian disampaikan Kepala Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Endro Dwi Hatmanto, M.A., dalam Seminar Serving Diverse Cultures in American Library di Kampus Terpadu UMY Jum’at (16/10).

Menurutnya jika penggunan internet hanya untuk media hiburan seperti chatting maupun game online saja maka akan meninabobokan pikiran sehingga tidak dapat berkembang dengan baik. Padahal kita perlu mentransformasikan ilmu untuk menjadi reading society atau masyarakat pembaca.

“Masyarakat perlu belajar menggunakan perpustakaan untuk penelitian, mencintai buku-buku, dan juga menggunakan fasilitas internet sebagai media pembelajaran sehingga pada akhirnya dapat menjadi reading society” katanya.

Dirinya juga memaparkan saat ini kita harus menciptakan masyarakat pembaca yang mau belajar bukan hanya pesan-pesan sosial tetapi juga religius. “Sehingga setelah menjadi masyarakat pembaca nantinya akan maju menjadi masyarakat penulis. Writing society atau masyarakat penulis akan banyak memproduksi pengetahuan baik berupa buku-buku maupun jurnal. Pada akhirnya yang timbul bukan lagi eating society melainkan reading society dan writing society,” urainya.

Sementara itu menurut Public Affair Information Resourse Officer (IRO) United State (US) Embassy Jakarta, Rebecca McDuff, di era digital saat ini lebih memudahkan masyarakat sekarang untuk mengakses informasi. “Seperti halnya di Amerika Serikat perpustakaan tidak hanya menjadi tempat untuk menyimpan buku-buku tetapi juga untuk research, sehingga mempunyai nilai sosial. Hal tersebut membuat warga negara menjadi berpengetahuan, cerdas, dan tercerahkan,” ungkapnya.

Rebecca menuturkan, melalui informasi dan pengetahuan dapat dijadikan kekuatan untuk menjadi bangsa yang powerfull, yakni yang mampu mampu menciptakan pengetahuan. Dalam pandangannya, Indonesia saat ini masih menjadi masyarakat industri dan belum menjadi masyarakat informasi.

“Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang belum menggunakan media informasi seperti internet sebagai media belajar. Sehingga perlu dibangun masyarakat pembaca atau reading society. Karena dengan membangun masyarakat pembaca, nantinya setelah mapan ketika teknologi seperti apapun masuk bisa termanfaatkan dengan baik dan masyarakat akan lebih berpengetahuan,” pungkasnya. (Ran)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: