Prabowo Mendukung Hak Angket Bank Century

Tanda Tangan Sudah Cukup, Berasal dari Empat Fraksi
Politika, Kamis, 05 November 2009

JP

http://jawapos.co.id/

JAKARTA – Realisasi angket Century semakin mendekati kenyataan. Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) selaku penggagas menyatakan telah mengumpulkan 26 tanda tangan anggota DPR. Jumlah itu cukup untuk mengajukan angket Century kepada Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

”Termasuk PDIP, total ada empat unsur fraksi yang mendukung,” ujar Gayus Lumbuun, anggota Komisi III DPR dari FPDIP, di sela-sela raker bersama KPK di gedung parlemen, Jakarta, kemarin (4/11). Menurut Gayus, tiga fraksi yang telah menyatakan dukungan adalah Fraksi Partai Golkar, Hanura, dan PKB. Bila menjadi kenyataan, angket tersebut akan menyibukkan Wapres Boediono dan Menkeu Sri Mulyani. Sebab, keduanya termasuk pejabat penting saat pengucuran dana talangan Rp 6,7 triliun itu dilakukan. Boediono ketika itu menjabat gubernur BI, sedangkan Sri Mulyani adalah Menkeu.

Partai Gerindra, seperti halnya PDIP, secara resmi sudah menyatakan mendukung pembentukan panitia angket tersebut. Menurut Ketua Umum Gerindra Suhardi, keputusan mendukung angket itu ditetapkan dalam rapat partai Selasa malam.

Dalam rapat tersebut, hadir Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto. Dia memberikan dukungan penuh agar para wakil rakyat dari Gerindra yang beranggota 26 orang mendukung angket untuk mengusut dana talangan ke Bank Century itu.

”Jadi, sudah dikomunikasikan (secara langsung, Red) kepada fraksi bahwa kami akan mendukung angket,” kata Suhardi di Warung Daun, Cikini Raya, kemarin. Sebagai bukti keseriusannya, Fraksi Partai Gerindra akan ikut aktif dalam melobi fraksi lain.

Menurut Suhardi, skandal bail out Bank Century yang menggunakan uang negara Rp 6,7 triliun itu sangat melukai hati rakyat. Dia membandingkan kucuran dana tersebut dengan anggaran pertanian tahun ini yang hanya Rp 8,7 triliun. ”Itu anggaran untuk seluruh Indonesia, sementara Bank Century hanya untuk beberapa orang,” kritiknya.

Menanggapi belum adanya dukungan dari fraksi-fraksi koalisi SBY terhadap penggunaan hak angket tersebut, Suhardi mengatakan tak peduli. (bay/pri/tof)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: