9 dari 14 Aspek Pengujian DNA Tan Malaka Dipastikan Positif

Samsul Hadi – detikSurabaya
Selasa, 10/11/2009 09:17 WIB

detiksurabaya

http://surabaya.detik.com/read/2009/11/10/091724/1238643/475/9-dari-14-aspek-pengujian-dna-tan-malaka-dipastikan-positif

Kediri – Sempat tertunda beberapa waktu, pengujian DNA terhadap sampel tulang yang diyakini sebagai jasad Tan Malaka mulai menunjukkan hasil menggembirakan. 9 aspek penilaian dari 14 yang direncanakan dipastikan positif.

Hal ini diungkapkan kemenakan Tan Malaka, Zoelfikar Kamaroedin, saat dikonfirmasi detiksurabaya.com melalui telepon selulernya, Selasa (10/11/2009). Menurutnya, kepastian disampaikan tim dokter dari Departement of Forensik Medicine & Medicalegal Faculty of Medicine University of Indonesia, sebagai pihak yang melakukan pengujian.

“Semalam itu anggota tim dokter yang langsung menyampaikan kepada saya lewat telepon, kalau hasilnya sementara belum bisa disampaikan secara total. Tapi ada kabar gembiranya, dari 14 yang direncakan akan diuji, 9 diantaranya sudah selesai dan belum ada yang negatif,” jelas Zoelfikar.

Untuk 5 aspek lainnya, diakui oleh Zoelfikar jika tim dokter meminta waktu tambahan. Pihak keluarga belum dapat memastikan kapan hasil dari pengujian terhadap 5 aspek tersisa tersebut dapat diketahui.

“Ada istilah kedokterannya, tapi apa saya tidak hafal. Tapi simpelnya dikatakan, dari 5 aspek tersisa tersebut diperlukan pembiakan, karena memang sampel tulang yang akan diuji kondisinya sudah hancur,” imbuh Zoelfikar.

Belum bisa diketahuinya hasil pengujian DNA Tan Malaka secara total, merupakan kemoloran untuk kesekian kalinya.

Sejak dilakukan pembongkaran sebuah makam di Desa Selopanggung, Kecamaatan Semen, Kabupaten Kediri, pada tanggal 12 September 2009 yang lalu, 30 hari kemudian hasilnya dijanjikan dapat diketahui.

“Tim dokter semalam juga meminta maaf, karena pengujiannya terkesan lama. Mereka meminta saya menyampaikan ke semua pihak yang berkepentingan untuk bersabar, karena memang kondisinya tidak bisa dipaksakan untuk secepatnya hasil pengujian diketahui,” papar Zoelfikar.

Sebelumnya, pembongkaran makam yang dilakukan pihak keluarga dimaksudkan untuk membuktikan jika jasad yang terpendam pada sebuah makam di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen merupakan Tan Malaka.

Datuk Tan Malaka yang bernama asli Ibrahim merupakan pejuang kemerdekaan yang misterius. Hingga saat ini, tidak diketahui secara persis di mana dia dimakamkan. Proses kematiannya juga misterius, meski banyak tulisan bahwa dia meninggal setelah ditembak aparat militer. Sejarah Tan Malaka dihitamkan, karena dia dituding terlibat komunis.

(fat/fat)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: