Anti Neolib Bentuk AEPI

Selasa, 09 Februari 2010 21:38 WIB
Penulis : Ririn Radiawati Kusumua

http://www.mediaindonesia.com/read/2010/02/09/122243/18/1/Anti-Neolib-Bentuk-AEPI

JAKARTA-MI: Para praktisi ekonomi dan politik yang anti neoliberal mendeklarasikan Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI). Asosiasi tersebut ditujukan untuk mengkritisi kebijakan pemerintah yang tak lagi mendukung rakyat.

Praktisi yang tergabung dalam AEPI tersebut antara lain adalah Ichsanuddin Noorsy, Revrisond Baswir, Hendri Saparini, dan Muhammad Yunus. Selain itu, mereka juga didukung oleh Sri Edi Swasono, Kwik Kian Gie, Kriminolog UI Muhammad Mustofa, dan Ahli Ekonomi Politik UGM Muchtar MAs’ud.

Salah satu anggota AEPI Revrisond Baswir mengatakan, pembentukan asosiasi ini adalah untuk mengkoordinasikan para intelektual untuk kritis dan mengoreksi kebijakan ekonomi saat ini yang telah melanggar konstitusi UUD 1945. “Struktur ekonomi kolonialisme di Indonesia yang hingga saat ini terjadi sudah saatnya harus dibebaskan,” ujarnya, Selasa (9/2).

Sementara itu, Pengamat Ekonomi Kerakyatan Ichsanuddin Noorsy mengatakan kekayaan alam yang dimiliki oleh Indnesia bukanlah milik kaum kapitalis, melainkan milik masyarakat Indonesia. “Untuk itu harus digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat Indonesia,” umbuh dia.

Menurut dia, paham pasar bebas yang selama ini diwacanakan di Indonesia hanya dinikmati oleh orang yang kaya dan hanya memasok pasar internasional saja. Di lain pihak, rakyat dibiarkan sengsara.

Dalam deklarasi tersebut, para anggota bersama-sama mengucapkan deklarasi yang menyatakan bahwa mereka berpihak kepada konstitusi. (RR/OL-7)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: