Penerapan Perdana Pilkada Elektronis

TEKNOLOGI INFORMASI
Senin, 1 Maret 2010 | 03:31 WIB

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/03/01/03315874/penerapan.perdana.pilkada.elektronis

Jakarta, Kompas – Sejak menerapkan Jimbarwana-Net, jejaring teknologi informasi dan komunikasi mencakup wilayah administratif pada 2001 dan memberlakukan kartu cip sebagai bukti identitas penduduk, Pemerintah Kabupaten Jembrana, Bali, mulai merintis penerapan sistem elektronik untuk pemilihan kepala daerah yang disebut electronic voting.

”Saat ini tengah dipersiapkan e-voting untuk pemilihan kepala desa dan bupati, yang akan dilaksanakan Juli mendatang,” ujar Dewa Gede Agung Ary Candra selaku Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jembrana, Kamis (25/2) di Kantor Pusat Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta.

Saat ini tengah dilakukan penyempurnaan sistem dan pembuatan prosedur operasi yang standar (SOP). ”Untuk memperkecil terjadinya penyimpangan dalam proses pemilihan dan perhitungan suara,” kata Samargi, Asisten Direktur Bidang Sistem Informasi dan Komputasi BPPT.

Pemilihan secara elektronis, kata Dewa, telah diterapkan pada pemilihan kepala dusun sejak Juli 2009. E-voting dilaksanakan pada 54 pilkadus di Jembrana.

Penerapan e-voting hemat biaya lebih dari 60 persen, mempersingkat dan memudahkan proses pemilihan. Dengan kartu cip sebagai kartu identitas penduduk dan sistem verifikasi, penyimpangan proses pemilihan dapat dihindari. Cara e-voting juga menyingkat waktu, hanya butuh 20 detik untuk memberikan suara. Penerapan e-KTP juga telah dimulai di Padang, Yogyakarta, Makassar, dan Cirebon. Penerapan e-KTP ini langkah awal pemberlakuan e-voting untuk Pemilu 2014. (YUN)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: