UGM Kembangkan Sistem Antipenjiplakan

PERANTI LUNAK
Sabtu, 6 Maret 2010 | 04:18 WIB

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/03/06/0418559/ugm.kembangkan.sistem.antipenjiplakan

YOGYAKARTA, KOMPAS – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengembangkan peranti lunak antipenjiplakan karya ilmiah. Aplikasi komputer yang diberi nama NoPla ini berfungsi memberikan indikasi awal adanya penjiplakan pada sebuah karya ilmiah.

”Aplikasi ini pada dasarnya membandingkan kemiripan teks dalam dua wacana yang ditulis dalam bahasa sama,” kata Ketua Tim Pengembangan Projek NoPla Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) Sigit Priyanta, Jumat (5/3).

Peranti lunak ini dikembangkan sejak pertengahan 2009. Pengembangan dilakukan dengan tujuan mencegah penjiplakan yang diduga semakin marak terjadi di tingkat mahasiswa.

Sigit mengatakan, pembandingan wacana dengan NoPla dilakukan bertingkat. Tahap pertama membandingkan dokumen secara keseluruhan. Apabila kemiripan dalam satu dokumen tinggi, pemeriksaan dapat diteruskan ke tingkat paragraf hingga frasa. Uji coba NoPla telah dilakukan beberapa pekan lalu dengan tingkat akurasi tinggi.

Akan tetapi, NoPla baru dapat membandingkan pada karya-karya ilmiah internal UGM. ”Sampai sekarang NoPla belum dapat digunakan untuk membandingkan dengan data internet. Itu menjadi target pengembangan selanjutnya,” ujar Sigit.

Menurut rencana, NoPla akan disediakan sebagai layanan bagi para dosen UGM tahun ini dengan membaginya dalam sistem komputer internal UGM. Izin penggunaan akan dibuat ketat dengan kode khusus agar tidak digunakan mahasiswa.

Hal ini untuk menjaga penyalahgunaan NoPla. Selain di tingkat dosen, NoPla juga akan digunakan di internal LPPM.

Ketua Dewan Pendidikan DI Yogyakarta Wuryadi mengatakan, menumbuhkan etika pendidikan tidak cukup hanya dengan peranti lunak. Lebih penting lagi adalah menumbuhkan etika di dunia akademik. (IRE)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: