PSI UII Kaji Buku Karya Dosen Tarbiyah

Thursday, 11 March 2010

http://www.uii.ac.id/content/view/933/257/

Seri Kaji Buku Studi Islam Nusantara yang merupakan salah satu program Pusat Studi Islam (PSI) Universitas Islam Indonsia (UII), mulai direalisasikan pada Rabu (10/3) siang. Bertempat di ruang sidang Magister Studi Islam (MSI) UII, PSI yang bekerjasama dengan MSI UII mengusung buku “Kata Serapan Bahasa Arab dalam Serat Centini: Kajian Morfosemantis” yang awalnya merupakan disertasi Dosen Prodi Tarbiyah FIAI UII, Dr. Junanah, MIS. Tampak hadir dalam serimonial acara tersebut, Rektor UII, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec, Direktur MSI, Prof. Dr. Amir Mu’allim, MIS, Direktur PSI UII, Dr. Muntoha, MA, dan beberapa staf lainnya.

Ditemui sebelum acara dimulai, Direktur PSI, Dr. Muntoha menjelaskan, sejumlah buku berdasar disertasi dan tesis karya sivitas akademika UII dan jejaringnya sudah dijadwalkan untuk dikaji. Program ini sendiri diharapkan dapat memperkuat Kampus Demangan UII sebagai salah satu kantung budaya untuk studi Islam Nusantara. “Oleh karena bersifat nusantara, maka lingkup yang akan berperan serta dalam diskusi ini tidak hanya melibatkan dari Islam saja. Bahkan sebagai nara sumber, tokoh dari agama lain mendapat prioritas yang sama”, ungkapnya.

Dalam serimonial pembukaan, Rektor UII, Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M.Ec mengaku menyambut baik program ini. Seperti yang diungkapkan Dr. Muntoha, Prof. Edy Suandi Hamid juga menyatakan program ini dapat menjadi salah satu sarana mempopulerkan insklusifitas UII. “UII sangat menghargai langkah PSI ini, terlebih dengan melibatkan beberapa tokoh dari lintas agama”, katanya. Terkait dengan buku karangan Dr. Junanah sendiri, Prof. Edy menilai sangat layak untuk dikaji. Selain itu, Serat Centini karya Dr. Junanah yang dipilih sebagai objek kajian ini, lanjut Prof Edy patut dinilai sebagai salah satu upaya penggalian terhadap nilai-nilai dan pelestarian budaya lokal, khususnya budaya Jawa. “Apa yang dilakukan PSI UII melalui acara semacam ini, semoga menjadi bagian dari tanggungjawab UII dalam ikut serta membangun dan mempertahankan nilai luhur budaya dalam rangka mewujudkan umat menuju yang lebih baik”, harap Prof. Edy beberapa saat sebelum mengakhiri sambutannya.

Terdapat dua pengkaji yang dihadirkan panitia untuk membedah karya ini, yaitu Dr. Junanah, MIS sebagai penulis, dan GKR Wandansari, Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunan Surakarta yang juga merupakan anggota Komisi II DPR RI. Adapun moderator diskusi ini dilakoni oleh Wakil PSI UII, Drs. Yusdani, M.Ag. Dalam kesempatan itu, Dr. Junanah kembali mempresentasikan hasil karyanya itu. Menurutnya, dari pengaruh islam dalam serat centini yang berdampak pada kontak budaya antar jawa dan islam menyebabkan terjadinya kata serapan bahasa arab ke dalam karya sastra serat centini. “Dari hasil penelitian yang penulis lakukan melalui kajian linguistik, dapat disimpulkan secara filosofis bahwa tidak ada kata serapat yang berubah bunyi dan atau bentuk, menyebabkan perubahan makna”, papar Dr. Junanah.

Sementara itu, GKR Wandansari mengungkapkan bahwa Serat Centini hanyalah merupakan salah satu dari karya dari banyak pujangga surakarta pada masa lalu. “Namun, karya ini memiliki keunggulan karena memuat banyak sisi kehidupan manusia. Bahkan ada juga yang secara detail. Di antara karya kepustakaan Jawa lainnya, penampilan Serat Centini boleh dikatakan paling paripuna”, ungkapnya. Sebelum mengakhiri paparannya, Gusti Mung yang merupakan adik kandung Paku Buwana XIII ini sempat mengungkapkan apresiasinya terhadap UII yang sudah beberapa kali menggali karya-karya bersejarah di Kraton Surakarta. “Masih banyak karya-karya peninggalan para pendahulu yang patut untuk digali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya sehingga dapat diterapkan dalam pembangunan masyarakat kita”, pungkas GKR Wandansari.

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: