Butuh Kepercayaan Semua Pihak

PEMILIHAN ELEKTRONIK
Senin, 12 April 2010 | 03:29 WIB

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/04/12/03294483/butuh.kepercayaan.semua.pihak

Jakarta, Kompas – Penggunaan mesin pemilihan elektronik atau e-voting dalam pemilu butuh kepercayaan dari semua pihak yang terlibat dalam pemilu. Penyelenggara, kontestan, partai politik, dan pemilih harus betul-betul siap, memahami, dan sadar risiko sistem baru yang akan digunakan. Jika memang ada ketidaksiapan dari salah satu pihak, penggunaan mesin pemilihan elektronik itu tidak perlu dipaksakan.

Wakil Ketua Indonesia Security Incident Response Team On Internet Infrastructure (Tim Insiden Keamanan Internet dan Infrastruktur Indonesia) M Salahuddien Manggalanny di Jakarta, Minggu (11/4), mengatakan, keseragaman pemahaman dan keyakinan seluruh pihak yang terlibat dalam pemilu penting untuk menjaga agar pemakaian mesin pemilihan elektronik itu tidak menimbulkan kecurigaan saat digunakan.

”Dengan demikian, jika terjadi masalah dalam prosesnya, mereka yang dirugikan tidak buru-buru menggugat hasil pemilu,” katanya.

Pemahaman tersebut bukan hanya menyangkut penggunaan atau pengetahuan tentang keunggulan mesin pemilihan elektronik, melainkan juga kelemahan dan risiko atas alat yang digunakan. Sebagai sebuah mesin, ia memiliki kemungkinan rusak atau tidak dapat digunakan saat dipakai.

Dalam kondisi itu, penyelenggara harus menyediakan alat pendukung sebagai alat cadangan, seperti unit keliling mesin pemilihan elektronik atau kembali ke pemilihan manual dengan menggunakan kertas surat suara.

Secara terpisah, dosen Sosiologi Politik Universitas Warmadewa, Bali, Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, mengatakan, masyarakat Bali, baik pemilih maupun partai politik, sebenarnya tidak masalah dengan teknologi atau sistem apa pun yang digunakan dalam pemilu. Persoalan justru muncul dari belum adanya regulasi dan sistem yang belum siap.

”Dalam konteks demokrasi prosedural saat ini, regulasi menjadi penting untuk bisa menjamin hak politik masyarakat, menjaga kerahasiaan pilihan pemilih, serta mengurangi potensi kesalahan manusia yang ada,” ujar Wisnumurti yang juga mantan Ketua KPU Bali itu. (MZW)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: