Otonomi Daerah dan Perkembangan “Peraturan Daerah Bernuansas Syari’ah”

Kata Pengantar
DR. Drs. H. Muntoha, S. H., M. A.
Otonomi Daerah dan Perkembangan “Peraturan Daerah Bernuansas Syari’ah”
Yogyakarta, Safiria Insania Press, 2010

Bismillahirrahmanirrahim

Dengan memanjatkan puji syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT atas segala hidayah, rahmat, rahmat, dan karunia-Nya yang tak terhingga yang telah dilimpahkan-Nya kepada penulis, tidak terkecuali dalam proses penyelesaian penulisan buku yang berjudul Otonomi Daerah dan Perkembangan “Peraturan Daerah Bernuansa Syari’ah” yang ada di tangan pembaca sekarang ini.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini adalah berasal dari disertasi penulis, yang berhasil penulis pertahankan di hadapan tim penguji pada Sabtu, 26 Juli 2008. Penulisan disertasi tersebut dilakukan sebagai salah satu syarat dalam rangka menyelesaikan studi Program Doktor (S3) pada Pascasarjana Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) Jakarta. Selain itu, penulisan disertasi itu juga dimaksudkan untuk memberikan kontribusi pemikiran berkaitan dengan masih terjadinya tarik-ulur tentang formalisasi pemberlakuan Syari’at Islam dalam sistem ketatanegaraan Indonesia. Lebih-lebih pada era otonomi daerah di Indonesia pasca reformasi seperti sekarang ini, kebijakan otonomi daerah tersebut telah berimplikasi pada perkembangan tuntutan aspirasi dari beberapa elemen masyarakat di daerah yang berbasis Islam kuat guna memberlakukan Syari’at Islam secara formal, yang wujudnya berupa peraturan-peraturan daerah (Perda)/qanun-qanun yang mengatur beberapa aspek dari ajaran Islam, sehingga perdaperda dan qanun-qanun tersebut kini lazim disebut sebagai “Perdaperda dan Qanun-qanun Bernuansa Syari’ah.” Oleh karena itu, penulisan disertasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu kontribusi pemikiran untuk memperkaya khzanah keilmuan dan kepustakaan hukum pada umumnya serta Fiqh Siyasah (teori ketatanegaraan Islam) khususnya dalam bentuk kajian ilmiah dari perspektif ilmu hukum. Selain itu, hasil dari penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan kajian lanjutan bagi para peminat (peneliti) bidang fiqh siyasah sebagai upaya untuk mengeksplorasi konsepsi format Syari’at Islam yang ideal pada implementasinya dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.

Disertasi tersebut akhirnya berubah bentuknya menjadi buku seperti yang sekarang ini, tidak lepas dari jasa-jasa berbagai pihak yang selalu memperhatikan perkembangan penulis selama proses penyelesaian dalam penulisan disertasi itu. Oleh karena itu, pada kesempatan ini perkenankanlah penulis ingin menghaturkan ucapan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sangat penulis hormati sebagai berikut:

Pertama, ucapan banyak terima kasih penulis haturkan kepada Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S. H. selaku promotor, yang di tengahtengah kesibukan beliau yang sangat luar biasa sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK-RI) selalu meluangkan waktu-bahkan dalam setiap kali ada kesempatan untuk memberikan kuliah pada Program Doktor (S3) Pascasarjana Fakutas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH-UII)-pada saat-saat senggangnya, beliau menyempatkan untuk membimbing penulis, dan kerap kali penulis dibimbing oleh beliau dalam satu mobil dalam perjalanan dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta menuju kampus FHUII dan atau sebaliknya, meskipun dalam pengawalan ketat protokoler pejabat negara. Beliau masih sempat untuk membaca dengan teliti, mengoreksi, memberi masukan antara lain berkenaan dengan teori, konsep, dan mengarahkan substansi tulisan dalam kerangka Otonomi Daerah dan Perkembangan “Peraturan-peraturan Daerah Bernuansa Syari’ah”. Atas semua ini semoga Allah SWT membalas jasa baik beliau dengan balasan yang jauh lebih baik lagi “Jazakumullah Ahsanal Jaza’”, Amin.

Kedua, ucapan banyak terima kasih penulis haturkan kepada Dr. Rifyal Ka’bah, M. A. selaku Ko-Promotor I, yang di tengah-tengah kesibukan beliau sebagai hakim agung pada Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA-RI), secara tulus ikhlas masih dapat menyediakan waktu untuk melakukan pengarahan, bimbingan, berdiskusi dan dorongannya kepada penulis untuk menyelesaikan penulisan disertasi ini. Selain runtutnya dialog dalam pembahasan substansi materi disertasi yang selalu beliau tanamkan, juga beliau berkenan meminjamkan beberapa literatur yang terkait dengan aspek Syari’at Islam yang menjadi bagian dari pembahasan disetasi penulis. Penulis amat terkesan dengan himbauan beliau, baik melalui dialog langsung maupun via SMS agar serius dalam menulis disertasi dengan kata-kata dari bahasa Arab Mesir “Syiddi Halak”. Atas semua ini semoga Allah SWT membalas jasa baik beliau dengan balasan yang jauh lebih baik lagi “Jazakumullah Ahsanal Jaza’”, Amin.

Ketiga, ucapan banyak terima kasih penulis haturkan kepada Dr. Jufrina Rizal, S. H., M. A. selaku Ko-Promotor II, yang di tengah-tengah kesibukan beliau sebagai ketua Program Pascasarjana Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia, secara tulus ikhlas masih dapat menyediakan waktu untuk melakukan pengarahan, bimbingan, berdiskusi dan dorongannya kepada penulis untuk segeramenyelesaikan penulis an disertasi. Beliau selalu mengarahkan agardalam menulis disertasi ini, selain harus run tutnya alur berfikir dalam pembahasan materi, juga penerapan metodologi dan kerangka teoritis yang digunakan untuk menganalisis harus ada sinkronisasi yang pas. Penulis amat terkesan kepada beliau yang tanpa melihat kondisikesibukan beliau, masih berkenan menerima kedatangan penulis untuk memberikan proses bimbingannya meskipun pada hari-hari libur di kediaman beliau. Atas semua ini semoga Allah SWT membalas jasa baik beliau dengan balasan yang jauh lebih baik lagi “JazakumullahAhsanal Jaza’”, Amin.

Keempat, ucapan banyak terima kasih penulis haturkan kepada Prof. Harkristuti Harkrisnowo, S.H., M.A., Ph.D., Prof. Dr. Achmad Sukardja, S.H., M.A., Prof. Safri Nugraha, S.H., LL.M., Ph.D., dan Prof. Dr. Satya Arinanto, S.H., M.H., selaku Anggota Tim Penguji yang telah banyak memberikan masukan, kritik dan saran yang sangat berharga dalam rangka memperbaiki disertasi penulis. Atas semua ini semoga Allah SWT membalas jasa baik beliau dengan balasan yang jauh lebih baik lagi “Jazakumullah Ahsanal Jaza’”, Amin.

Kelima, ucapan banyak terima kasih penulis haturkan kepada Rektor Universitas Indonesia, c./q. Ketua beserta Staf Program Pascasarjana Ilmu Hukum yang telah memperkenankan penulis menuntut ilmu di lembaga yang Bpk / Ibu / Sdr-i kelola. Selama 6 (enam) tahun masa studi, banyak bantuan pelayanan baik pengurusan akademik maupun administratif yang telah penulis dapatkan demi kesuksesan studi ini. Atas semua ini semoga Allah SWT membalas jasa baik beliau dengan balasan yang jauh lebih baik lagi “Jazakumullah Ahsanal Jaza’”, Amin.

Keenam, ucapan banyak terima kasih yang sama penulis haturkan kepada Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang selama penulis menempuh studi telah silih berganti dari Dr. Ir. Luthfi Hasan, M. S., kemudian Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M. Ec. yang telah memberikan izin dan pembiayaan selama menempuh studi pada Program Doktor (S3) Ilmu Hukum Fakultas Hukum UI Jakarta sampai dengan diselesaikannya studi penulis. Atas semua ini semoga Allah SWT membalas jasa baik para beliau itu dengan balasan yang jauh lebih baik lagi “Jazakumullah Ahsanal Jaza’”, Amin.

Ketujuh, ucapan banyak terima kasih tidak lupa penulis sampaikan kepada Dekan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia beserta staf yang selama penulis menempuh studi juga telah silih berganti dari Jawahir Thanthowi, S.H., Ph. D., kemudian Dr. Mustaqiem, S.H., M. Si., yang telah memberikan izin kepada penulis untuk “melepaskan semua aktivitas tugas-tugas fakultas” dalam rangka menuntut ilmu di Universitas Indonesia Jakarta serta selalu
memberikan motivasi agar dapat menyelesaikan studi ini. Atas semua ini semoga Allah SWT membalas jasa baik para beliau itu dengan balasan yang jauh lebih baik lagi “Jazakumullah Ahsanal Jaza’”, Amin.

Kedelapan, ucapan banyak terima kasih tidak lupa penulis sampaikan kepada para guru penulis sekaligus senior dan para sahabat di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, khususnya Prof. Dr. Dahlan Thaib, S.H., M. Si.(alm.), Dr. SF. Marbun, S.H. M. Hum, Prof. Dr. Moh. Mahfud MD., S.H. S.U., Nazaruddin, S.H. M. Hum (alm.), Dr. Saifudin, S.H., M. Hum., Dr. Ni’matul Huda, S.H., M. Hum., Sri Hastuti Puspitasari, S.H., M.H., Zairin Harahap, S.H., M. Si., Dr. Ridwan Khairandy, S.H., M. Hum., Nandang Sutrisno, S.H., LL. M., M. Hum., Ph. D., Dr. Salman Luthan, S.H., M.H., dan Aunurrohim Faqih, S.H., M. Hum yang secara khusus menjadi tempat penulis berdiskusi dan berbagi rasa dalam suka dan duka serta selalu memberikan motivasi untuk segera menyelesaikan studi. Atas semua ini semoga Allah SWT membalas jasa baik para beliau itu dengan balasan yang jauh lebih baik lagi “Jazakumullah Ahsanal Jaza’”, Amin.

Kesembilan, ucapan banyak terima kasih penulis sampaikan juga kepada seluruh jajaran dan staf Biro Hukum Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia, yang telah banyak memberikan fasilitas kepada penulis dalam pencarian data beberapa kebijakan daerah yang penulis teliti. Juga kepada seluruh jajaran dan staf Perpustakaan FHUI di Depok, Perpustakaan Pusat UII, Perpustakaan Pascasarjana dan S1 Ilmu Hukum FH-UII di Yogyakarta, dan Perpustakaan FH dan Fisipol UGM di Yogyakarta, yang telah ikut memberi andil dalam rangka penyelesaian disertasi penulisi. Atas semua ini semoga Allah SWT membalas jasa baik para beliau itu dengan balasan yang jauh lebih baik lagi “Jazakumullah Ahsanal Jaza’”, Amin.

Kesepuluh, ucapan banyak terima kasih penulis sampaikan juga kepada teman-teman Angkatan 2002 di Program Doktor (S3) Ilmu Hukum FH-UI yang dalam kebersamaan selama menempuh studi selalu share di bidang ilmu pengetahuan khususnya ilmu hukum, serta banyak berbagi suka dan duka. Atas semua ini semoga Allah SWT membalas jasa baik mereka itu dengan balasan yang jauh lebih baik lagi “Jazakumullah Ahsanal Jaza’”, Amin.

Kesebelas, ucapan banyak terima kasih penulis sampaikan juga kepada Bapak Drs. Yusdani, M.Ag. selaku editor yang telah ikut andil dalam penerbitan buku ini, demikian pula kepada Penerbit Safiria Insania Press yang menerbitkannya.

Tidak terlupakan juga, penulis haturkan banyak terima kasih yang setulus-tulusnya kepada kedua orang tua, H. Nurhasan dan Hj. Munawwaroh (almarhumah), yang telah membesarkan, mendidik dan membimbing penulis serta mengajarkan kemandirian yang penuh dalam segala hal dan keteguhan prinsip yang konsisten, hal ini merupakan modal bagi penulis untuk melangkah dalam setiap aktivitas yang hendak dilakukan, termasuk juga ketika penulis menentukan untuk menempuh studi pada Program Doktor (S3) Ilmu Hukum FH-UI Jakarta. Atas semua ini, semoga Allah SWT menerima amal ibadah mereka, memberikan pahala yang jauh lebih banyak, mengampuni dosa dan kesalahan mereka, serta mengasihani mereka sebagaimana mereka telah mengasihani penulis sejak kecil, Amin. Akhirnya, ungkapan terima kasih yang setulus-tulusnya harus pula penulis sampaikan kepada isteri penulis Siti Mardliyah, S. Ag. dan anak-anak penulis Sheila Maulida Fitri, Muhammad Syafiq Wafi, Muhammad Imtiyazul Haq, dan Halwa Diyani Muna yang telah ikut merasakan suka dan duka selama penulis menempuh studi ini. Penulis menyadari sepenuhnya, banyak waktu yang tersita dan perhatian kasih sayang yang hilang di tengah-tengah keluarga yang telah “dikorbankan” karena tuntutan harus menyelesaikan studi ini. Atas semua ini, semoga Allah SWT membalas jasa baik kalian dan menjadi
amal sholihah di sisi-Nya, Amin.

Terakhir, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu selama menempuh studi khususnya ketika proses penyelesaian penulisan disertasi. Selain itu, penulis menyadari telah banyak berbuat kesalahan kepada berbagai pihak baik disengaja maupun tidak, dan oleh karenanya pada kesempatan yang baik ini penulis mohon ma’af yang sebesar-besarnya. Khusus kepada pihak penerbit Safiria Insania Press, penulis ucapkan terima kasih telah bersedia menerbitkan karya ini. Semoga karya ini ada manfaatnya, Amin.

Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin
Yogyakarta, April 2010

DAFTAR ISI

JUDUL 1
PENGANTAR v
DAFTAR ISI xi

BAB I OTONOMI DAERAH DAN PENEGAKAN SYARI’AT ISLAM DI INDONESIA 1
A. Reformasi, Otonomi Daerah dan Penegakan Syari’at Islam di Indonesia 1
B. Urgensi Studi Perda Bernuansa Syari’at di Era Otonomi Daerah 15
C. Fokus Pembahasan 20
D. Kerangka Teori, Konsep dan Asumsi Dasar 22
E. Metode Penelitian 58
F. Sistematika Penulisan 62

BAB II KEDUDUKAN SYARI’AT ISLAM DALAM SISTEM KETATANEGARAAN INDONESIA 65
A. Syari’at Islam dalam Kultur dan Pergulatan Sosial Politik Indonesia Masa Pra-Kemerdekaan Suatu Refleksi 65
B. Perjuangan Konstitusional Sebagai Landasan Berlakunya Syari’at Islam di Indonesia 85
C. Tarik-Ulur Formalisasi Pemberlakuan Syari’at Islam… 109

BAB III OTONOMI DAERAH DAN PERKEMBANGAN “PERATURAN-PERATURAN DAERAH BERNUANSA SYARI’AH” 115
A. Prinsip Dasar Otonomi Daerah
B. Bentuk dan Susunan Pemerintahan Daerah 140
C. Otonomi Khusus 166
D. Keseragaman dan Keragaman Sistem Norma Hukum 190
E. Desentralisasi dan Perkembangan Peraturan-Peraturan Daerah (Perda-Perda) Bernuansa Syari’ah 218

BAB IV PERATURAN DAERAH (PERDA) BERNUANSA SYARI’AH DI INDONESIA 243
A. “Perda dan Qanun Bernuansa Syari’at Islam” di Pemerintahan Provinsi NAD dengan Status Otonomi Khusus 243
B. “Perda Bernuansa Syari’at Islam” di Pemerintahan Provinsi, Kabupaten, dan Kota dengan Status Otonomi Biasa 284
C. Analisis Data 309

BAB V PENUTUP 345
A. Simpulan 345
B. Saran-saran 347

DAFTAR PUSTAKA 351
INDEKS 377
TENTANG PENULIS 391

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: