E-KTP Selesai dalam Dua Tahun

KEPENDUDUKAN
Rabu, 19 Mei 2010 | 05:11 WIB

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/05/19/05111578/e-ktp.selesai.dalam.dua.tahun

Jakarta, Kompas – Kementerian Dalam Negeri menjanjikan menyelesaikan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP dalam waktu dua tahun dimulai dari tahun 2011. Saat ini, Kemdagri sedang menyelesaikan nomor induk kependudukan tunggal untuk setiap penduduk.

Sekretaris Jenderal Kemdagri Diah Anggraeni dalam jumpa pers, Selasa (18/5), mengungkapkan, e-KTP akan diberikan kepada 170 juta jiwa penduduk dan diberikan secara gratis. ”Kalau nanti dengan e-KTP pada tahun 2011 dan 2012 masyarakat masih membayar membuat KTP, itu berarti penyimpangan. Sebanyak 170 juta e-KTP untuk seluruh masyarakat Indonesia lengkap dengan NIK (nomor induk kependudukan)-nya,” kata Diah.

Dirjen Administrasi Kependudukan Kemdagri Irman mengungkapkan, pembuatan e-KTP pada tahun pertama, 2011, akan dilaksanakan di 197 kabupaten/ kota. Tahun 2012 dilaksanakan di 300 kabupaten/kota sehingga semuanya berjumlah 497 kabupaten/kota. ”Untuk pemutakhiran data kependudukan dan e-KTP ini, kami akan berbagi tanggung jawab dengan pemerintah daerah,” ujar Irman.

Kemdagri menganggarkan dana Rp 6,6 triliun untuk pemutakhiran data kependudukan hingga tahun 2012. Tahun ini dana yang dianggarkan untuk pendataan kependudukan Rp 293 miliar. Penerbitan NIK tahun ini dilakukan di 329 kabupaten/kota, sedangkan tahun 2011 di 168 kabupaten/kota.

Dengan demikian, kata Irman, pada akhir tahun 2011, semua NIK bisa diterbitkan sesuai dengan amanah undang-undang. UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan memerintahkan, lima tahun setelah UU diberlakukan, pemerintah memberikan NIK kepada seluruh penduduknya.

Menurut Irman, dana Rp 6,6 triliun digunakan untuk pemutakhiran data kependudukan sebesar Rp 293 miliar dan penerbitan NIK Rp 300 miliar. Sisanya sekitar Rp 6 triliun untuk penerapan e-KTP. (SIE)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

One response to “E-KTP Selesai dalam Dua Tahun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: