Pertumbuhan Mobile Internet Terbesar Bukan di Jakarta

Fajar Widiantoro – detikinet
Senin, 31/05/2010 17:42 WIB

http://www.detikinet.com/read/2010/05/31/174242/1366945/398/pertumbuhan-mobile-internet-terbesar-bukan-di-jakarta/

Jakarta – Jakarta memang tetap menjadi kota dengan pengguna internet terbesar di Indonesia. Meski begitu, Jakarta mengalami penurunan pertumbuhan pengguna mobile internet. Nah, tebak kota mana yang pertumbuhan mobile internetnya terbesar di Tanah Air?

Jawabnya bukanlah Bandung, Surabaya, Jogja atau Bali. Kota tersebut adalah Semarang ibukota Jawa Tengah. Paparan data tersebut dirilis oleh lembaga riset TNS yang bekerjasama dengan Yahoo.

Bertempat di Hotel Le Meridien, Senin (31/5/2010) Karthik Venkatakrishnan, Business Director & Group Head TNS Indonesia menjelaskan beberapa temuan riset tersebut.

Di tahun 2009, pertumbuhan pengakses mobile internet di Semarang hanya sekitar 29%. Namun di tahun 2010 ini jumlahnya meningkat menjadi 70%, melebihi Jakarta yang pertumbuhannya tahun ini mencapai 51% (tahun lalu 25%).

Sementara posisi kedua diraih kota Bandung dengan angka pertumbuhan 62% (tahun lalu 42%). Posisi ketiga diraih Makassar dengan angka pertumbuhan 52% (tahun lalu hanya 15%).

“Semarang tidak seperti Jakarta atau Jogja dimana pengguna internet dari PC juga berjumlah banyak. Berdasarkan survei beberapa pengguna di sana banyak mengakses internet dari mobile, karena operator kini banyak menawarkan paket internet murah,” papar Karthik dalam acara tersebut.

Namun dalam riset ini, Jogja sebagai kota pelajar tidak masuk kategori pertumbuhan mobile internet teratas di Indonesia. Menurut Kathrik, di Jogja angka pertumbuhannya lebih stabil antara mobile dengan PC. Lagipula di Jogja masih banyak terdapat warnet.

Paparan data TNS ini juga melengkapi penelitian NSN sebelumnya, yang mengungkap bahwa pengguna internet di Indonesia kurang produktif. Kebanyakan mereka yang kurang produktif ini mengaksesnya dari ponsel.

( fw / ash )

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: