Bill Gates Bantu Kaum Papa

HAITI
Kamis, 10 Juni 2010 | 04:53 WIB

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/06/10/0453243/bill.gates.bantu.kaum.papa

Seattle, Rabu – Yayasan Bill & Melinda Gates menggunakan dana untuk mendorong perubahan di pasar Haiti. Lembaga filantropi itu, Rabu (9/6), menyediakan 10 juta dollar AS untuk membujuk perusahaan- perusahaan telekomunikasi dan keuangan membangun layanan mobile banking bagi kaum miskin Haiti.

”Setelah gempa bumi 12 Januari 2010, kami melihat besarnya permintaan warga Haiti untuk mendapatkan akses bantuan dari keluarga dan organisasi-organisasi bantuan kemanusiaan. Namun, kami juga melihat kekacauan sistem perbankan penyerahan uang tunai ke tangan orang-orang Haiti,” kata Amolo Ng’weno dari unit Layanan Keuangan bagi Kaum Miskin dari yayasan itu kepada AFP.

Gempa bumi kuat di Haiti itu menewaskan sampai 300.000 orang dan merobohkan sepertiga jumlah bank, ATM, dan outlet pengiriman uang.

Proyek terbaru itu berbeda dari pendekatan lazim yang dilakukan yayasan itu. Yayasan biasanya akan lebih dulu meminta proposal, baru memberikan hibah dan kemudian berharap akan ada hasil yang baik.

Kali ini yayasan itu—dan mitranya, Badan Pemerintah AS untuk Pembangunan Internasional (USAID)—ingin merangsang proyek. USAID menambah 5 juta dollar AS pada proyek itu untuk bantuan teknis.

Perusahaan pertama yang berhasil meluncurkan layanan mobile banking dalam enam bulan akan menerima bantuan dari yayasan 2,5 juta dollar AS.

Operator kedua yang meluncurkan fasilitas serupa dan mencapai sasaran dalam 12 bulan akan menerima 1,5 juta dollar AS.

Sisa bantuan enam juta dollar AS akan diberikan saat lima juta transaksi telah berhasil dicapai.

Insentif itu sangat besar bagi sebuah negara yang begitu miskin. Direktur unit Layanan Keuangan bagi Kaum Miskin dari yayasan itu, Bob Christen, mengatakan, proyek itu akan dipantau dengan saksama untuk menghindari penipuan dan korupsi.

Penyedia layanan telepon, bank-bank dan perusahaan-perusahaan teknologi bisa mengajukan tawaran untuk memberikan layanan itu di Haiti. Penyedia layanan itu bersaing untuk mendapatkan insentif Yayasan Gates.

”Asal mereka memiliki sebuah riwayat komitmen di negara itu dan berpotensi berhasil,” kata Christen.

Salurkan 500 juta dollar

Agar program itu berjalan sukses, kata Christen, proyek itu harus dimulai dengan cepat dan tersebar di wilayah yang luas.

Yayasan Gates berharap sedikitnya sebuah perusahaan akan memberikan layanan tersebut di Haiti dalam setahun. Juga diharapkan, lima juta transaksi perbankan lewat telepon seluler akan terjadi di negara itu dalam dua tahun.

”Sekitar 40 persen dari sembilan juta penduduk Haiti memiliki telepon seluler. Mereka yang tidak punya telepon seluler biasanya mendapatkan akses melalui teman atau kerabat,” kata Yayasan Gates, mengutip organisasi-organisasi bantuan kemanusiaan di lapangan.

Dalam empat tahun terakhir, Yayasan Gates telah memberikan hampir sejumlah 500 juta dollar AS untuk membantu kaum miskin mendapatkan akses mobile banking, sebagian besar di Afrika. Yayasan itu juga telah menyumbang 2 juta dollar AS di Haiti, termasuk naungan, makanan, sanitasi, dan kesehatan.

Di Kenya, misalnya, layanan uang mobile M-PESA memungkinkan 9 juta orang membayar segala sesuatu mulai dari pakaian sampai uang sekolah dengan menggunakan telepon seluler mereka, hanya tiga tahun setelah diluncurkan. (AFP/AP/DI)

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: