Menggeser Ritual Deklarasi ke Instrumen Hukum

Penyunting: Giacomo Di Federico
Tahun: 2011
Judul: The EU Charter of Fundamental Rights: From Declaration to Binding Instrument
Edisi: Pertama
Kota, Penerbit: Springer
ISBN: 978-94-007-0155-7

Ringkasan: Uni Eropa adalah transformasi hukum yang besar untuk citarasa pasar yang diintegrasikan. Bahkan dengan gagalnya projek konstitusional yang ambisius, Uni Eropa tetap melanjutkan “the European Convention on
Human Rights”.
Federico, dari CIRDE (Interdepartmental Research Centre on European Law) University of Bologna, Italia, menyunting buku serius tentang proses Piagam Uni Eropa, dari ritual deklarasi menjadi instrumen hukum yang mengikat seluruh negara anggota Uni Eropa.
Kerangka kerja buku ini untuk memastikan tingkat-tingkat efektivitas dan koherensi perlindungan hukum untuk individu. Konsekuensinya, Konvensi Eropa tentang Hak Asasi Manusia menjadi tatanan hukum yang kredibel dan mengikat.
Bagian pertama buku ini menyajikan sistem perlindungan yang berlaku beserta implikasi konstitusionalnya. Piagam dianalisis dari sisi hukum, politik, dan pelaksanaannya. Bahkan agenda Parlemen Eropa juga tidak luput, demikian halnya hak atas pengadilan yang adil dan perlindungan hukum yang efektif sebelum dan oleh Pengadilan Uni Eropa.


Bagian kedua memerikan dampak Piagam yang mengikat hukum negara tertentu: Sirkulasi bebas; pasar internal; aspek perdata dan pidana dari kebebasan, keamanan, dan keadilan; perlindungan sosial; kebijakan lingkungan; perdagangan internasional dan luar negeri; dan kebijakan keamanan.

About imam samroni

Silakan Tuan dan Puan berkenan kontak ke email daripada saya, yakni : imamsamroni@ymail.com atawa imamsamroni@gmail.com. Jika Tuan dan Puan hendak bersilaturahmi, sudilah kiranya berkirim kabar lewat email pula. Lihat semua pos milik imam samroni

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: